Ekonom: Level Obligasi AS Terancam Turun Lagi

Dolar AS Menguat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Peringkat obligasi Amerika Serikat bisa kembali diturunkan oleh lembaga pemeringkat dari level AAA di akhir tahun ini apabila Negeri Paman Sam itu terus bermasalah dengan defisit anggaran.

Menurut kantor berita Reuters, 24 Oktober 2011, peringatan itu dilontarkan ekonom dari Bank of America Merrill Lynch. Sebelumnya, lembaga pemeringkat Standard & Poor's Agustus lalu menurunkan level surat utang AS karena kekhawatiran mengenai defisit anggaran pemerintah dan naiknya utang AS.

Menurut ekonom Merrill, Ethan Harris, ancaman penurunan peringkat obligasi itu akan kembali dialami AS, baik dari Moody's maupun dari Fitch. Bila terjadi, ini akan menambah pukulan bagi ekonomi AS.

"Lembaga-lembaga pemeringkat utang telah secara kuat mengindikasikan bahwa penurunan level akan mungkin terjadi bila Kongres tidak menunjukkan rencana jangka panjang yang kredibel [untuk mengurangi defisit," tulis Harris dalam laporannya. "Maka, kita perkirakan ada penurunan peringkat di akhir November atau awal Desember bila komite super dari Kongres gagal," lanjut Harris.

Dia merujuk kepada komite khusus beranggotakan 12 orang yang dibentuk Kongres untuk merancang rencana mengatasi defisit anggaran. Mereka disebut sebagai "Komite Super," yang secara berimbang terdiri dari para politisi Partai Demokrat dan Republik.

Pada 23 November 2011, mereka harus bersepakat atas rencana mengurangi defisit anggaran senilai US$1,2 triliun. Bila mereka gagal bersepakat, pemangkasan anggaran belanja negara bakal langsung diterapkan mulai 2013. Menurut Merrill, pemangkasan otomatis ini bisa memukul perekonomian AS. 

Sementara itu, Merrill merevisi proyeksi angka pertumbuhan ekonomi AS pada 2012 dan 2013, yaitu dari 1,8 persen menjadi 1,4 persen.

Ahmad Ali Temui Prabowo, Sekjen Nasdem: Bagian dari Silaturahmi, Pak Prabowo Pernah ke Sini
Harmoni Energi Sehat

Harmoni Energi Sehat Menyuarakan Pesan Kesetaraan dalam Pelayanan Kesehatan

Salah satu langkah konkret yang diambil dalam merayakan Hari Kartini adalah meluncurkan Harmoni Energi Sehat (HES), sebuah inisiatif yang bertujuan meningkatkan kesehatan

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024