Pasar Saham Asia Antusias Cermati KTT Eropa

Bursa saham di Seoul
Sumber :
  • REUTERS/ Lee Jae-Won

VIVAnews - Indeks harga saham di sejumlah bursa utama Asia menguat dan kurs euro naik di awal perdagangan hari ini, Selasa 25 Oktober 2011.
Kepercayaan investor yang meningkat mengenai kesepakatan para pemimpin Eropa dalam menanggulangi krisis utang di zona euro menjadi pemicunya.

Seperti dilansir laman Reuters, para pembuat kebijakan Eropa mendekati kesepakatan mengenai rekapitalisasi bank. Selain itu, para pemimpin di zona euro mengatakan, Perancis dan Jerman juga akan bersepakat mengenai pengunaan skema European Financial Stability Facility untuk mencegah penularan sentimen negatif di pasar obligasi.

Hal tersebut, direspon positif bursa saham regional Asia. Indeks saham Asia Pasifik, MSCI di luar Jepang naik 0,1 persen, sedangkan bursa Jepang, Nikkei 225 dibuka menguat 0,25 persen.

Sementara itu, mata uang Euro juga mantap di posisi puncak hari sebelumnya, karena mencapai level tertinggi sejak 8 September yakni berada di 1,39570 dolar AS.

Harga minyak mentah pun terus menguat setelah sebelumnya melonjak lebih dari empat persen ke level tertinggi sejak dua bulan terakhir pada Senin kemarin.

Minyak mentah di pasar berjangka AS diketahui naik 0,3 persen menjadi US$91,50 per barel pada Selasa ini.

Sementara itu, pada penutupan transaksi Senin, saham global juga mencatat penguatan cukup besar dalam tujuh pekan terakhir. Harga komoditas ikut bergerak reli, seiring harapan pemulihan krisis Eropa lebih cepat.

Sentimen investor juga meningkat, terkait keberhasilan peningkatan saham Caterpillar Inc sebesar lima persen di Wall Street setelah perusahaan melaporkan terjadinya lonjakan keuntungan pada pendapatan kuartalan sekitar 44 persen.

Hal itu, dipicu meningkatnya permintaan akan alat-alat berat yang dipandang sebagai ukuran mulai sehatnya perekonomian global.

Semua Pihak Diminta Tunjukan Kedewasaan Politik dan Menerima dengan Lapang Dada Hasil Pemilu
Universitas Nasional (Unas) Jakarta

Unas Bentuk Tim Pencari Fakta Usut Dugaan Plagiat Prof Kumba Digdowiseiso

Rektor Universitas Nasional El Amry Bermawi Putera bentuk Tim Pencari Fakta dugaan pencatutan nama dalam publikasi jurnal internasional yang melibatkan Kumba Digdowiseiso

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024