Emas Menguat Didorong Sentimen Positif Eropa

emas
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVAnews - Harga emas menguat hingga satu persen pada transaksi Senin waktu New York, 24 Oktober 2011, bergerak sejalan dengan aset berisiko dibandingkan investasi aman lainnya.

Pasar emas yang naik dalam dua hari transaksi ini dipicu optimisme bahwa pemimpin Uni Eropa sudah mendekati kesepakatan untuk merekapitalisasi bank dan bagaimana memanfaatkan dana penyelamatan untuk menghentikan krisis surat utang.

5 Potret Nayunda Nabila, Biduan Cantik yang Terseret Kasus Korupsi Eks Mentan SYL

Sektor manufaktur di China yang tumbuh pada Oktober ini juga turut mendorong sentimen positif yang menguatkan harga komoditas emas.

Emas naik dua persen selama dua sesi terakhir. Logam mulia ini kembali bergairah karena dianggap sebagai investasi paling aman, dengan harga yang bergerak cukup tinggi bersama-sama dengan pasar saham.

Harga emas berfluktuasi atau sempat jatuh ke level terendah pada pertengahan Agustus lalu, saat mendekati harga tertingginya. Hal itu menunjukkan para pedagang tidak mempunyai pilihan dalam mengantisipasi pergerakan harga dalam waktu dekat.

"Emas berpindah dari investasi yang palig aman untuk berinvestasi menjadi komoditas yang memiliki aset berisiko. Sebab, semua perdagangan sekarang ini mengacu situasi Eropa," kata David Meger, direktur perdagangan logam di pasar berjangka Vision Financial Markets seperti dilansir laman Reuters.

Sementara itu, di pasar spot harga emas naik 0,9 persen pada level US$1.655,04 per ounce Senin, pukul 02:31 siang waktu New York atau Selasa dini hari WIB, menyusul penurunan harga hingga dua persen minggu lalu.

Data Reuters menunjukkan, volatilitas harga emas terjadi dalam 30 hari terakhir. Pada hari ke 26, atau Jumat lalu, emas sempat melemah dan mendekati harga terendahnya dalam dua bulan terakhir.

Sementara itu, terjadi penguatan harga di pasar emas sekitar US$300 yang merupakan rekor di awal September lalu, dan volatilitas harga mencapai puncaknya pada hari ke 37 yang jatuh pada 26 September.

Jonathan Jossen, pedagang di pasar emas COMEX, mengatakan volatilitas harga menunjukkan bahwa investor tidak mengharapkan langkah besar untuk masa depan yang mendasari transaksinya dalam waktu dekat.

Sementara itu, emas di pasar berjangka AS untuk pengiriman Desember ditutup naik US$16.20 di level US$1.652.30.

Cristian Gonzales

Jalan Terjal Cristian Gonzales Demi Membela Timnas Indonesia

Mantan Pemain Timnas Indonesia, Cristian Gonzales mengungkap kisah perjalanan terjalnya demi mendapat status sebagai warga negara Indonesia (WNI).

img_title
VIVA.co.id
14 Mei 2024