Nusa Tenggara Butuh Investasi Rp121 Triliun

Rumah tradisional masyarakat Boti, Nusa Tenggara Timur
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Kebutuhan investasi di daerah Nusa Tenggara baik di wilayah barat maupun timur ditaksir mencapai Rp121,6 triliun. Dana tersebut dibutuhkan terutama untuk memajukan perekonomian daerah tersebut.

"Butuh dukungan dari pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan swasta," kata Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk, Zulkifli Zaini, dalam sambutan pembukaan Nusa Tenggara Investment Day di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Selasa, 25 Oktober 2011.

Zulkifli mengatakan, masih banyak potensi kekayaan alam di Nusa Tenggara yang belum dioptimalkan. Upaya untuk mengembangkan potensi tersebut, tentu saja membutuhkan sumber dana investasi.

Dalam pantauan Bank Mandiri, potensi yang bisa dikembangkan antara lain pertanian, perikanan, dan pariwisata seperti garam, jagung, rumput laut, peternakan sapi, mangaan, emas, dan marmer. "Potensi ini dapat dioptimalkan apabila investor memiliki visi jangka panjang," tutur Zulkifli.

Bank Mandiri berharap dengan pagelaran Nusa Tenggara Investment Day ini, pemerintah daerah Nusa Tenggara dan para investor dapat bertemu dalam upaya peningkatan investasi di daerah tersebut.

Bank Mandiri mencatat penyaluran kredit untuk daerah Nusa Tenggara per 30 September 2011 sebesar Rp880 miliar, atau meningkat 96,5 persen dari periode sebelumnya. Kabar positif dari penyaluran kredit ini adalah, kontribusi penyaluran terbanyak ditujukan untuk kredit modal kerja yang tumbuh di atas 117 persen.

"Ini menunjukkan adanya pertumbuhan usaha," imbuhnya.

Pertumbuhan kredit Mandiri yang pesat ini, menurut Zulkifli, menunjukkan peningkatan dalam sektor ekonomi setempat.

Dalam program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), Provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Bali masuk dalam pintu gerbang kelima dalam mendukung pertanian nasional.  (art)

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024