Busyro: Ada Kekuatan Besar di Belakang Nunun

Nunun Nurbaeti Daradjatun
Sumber :
  • Situs Interpol Internasional

VIVAnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Busyro Muqoddas, mengakui adanya kekuatan besar yang berada di belakang Nunun Nurbaeti Daradjatun, tersangka suap cek pelawat. Sehingga KPK tidak dapat menghadirkan Nunun hingga saat ini.

"Karena ada kekuatan-kekuatan besar, sehingga kami belum bisa menghadirkan Nunun yang sedang di luar negeri," kata Busyro di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 26 Oktober 2011. "Jadi ketika kekuatan yang sulit dijangkau itu, kita jadi tidak bisa."

Busyro pun mencontohkan kasus suap wisma atlet dengan tersangka Muhammad Nazaruddin. "Lihat saja kasus Nazaruddin, karena tidak ada kekuatan tertentu di balik Nazar, jadi bisa ditangkap," ujarnya.

Namun, Busyro enggan berkomentar siapa kekuatan besar di balik istri mantan Wakapolri Irjen (Purn) Adang Daradjatun itu. "Kami tidak tahu," ujarnya. Apakah kekuatan itu berasal dari polisi? Busyro enggan berkomentar. Dia hanya tertawa saja.

Saat ditanya apakah ada unsur intelijen yang ikut campur dalam kasus ini, Busyro mengaku belum tahu. "Saya belum sampai pada intelijen. Saya tidak akan mudah menuduh lembaga tertentu, dan itu tidak fair untuk menuduh lembaga tertentu," ujarnya.

Seperti diketahui, Nunun ditetapkan sebagai tersangka karena diduga memberikan cek pelawat kepada anggota Komisi Keuangan DPR periode 1999-2004. Cek itu diberikan terkait dengan pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia yang dimenangkan Miranda Swaray Goeltom.

Raisa Takut Kisah Hidupnya Diangkat Jadi Film Dokumenter: Ada Apa Dibaliknya?

Hingga saat ini, KPK belum dapat menangkap ataupun menghadirkan Nunun. Padahal, Nunun sudah menjadi buronan interpol.

KPK sudah menjerat puluhan anggota DPR. Mereka pun sudah dihukum dengan vonis beragam. (adi)

Chandrika Chika

Chandrika Chika Pernah Terlibat Urusan dengan Polisi Sebelum Jadi Tersangka Narkoba, Kasus Apa?

Selain Chandrika Chika, ada 5 orang lainnya yang merupakan teman dari selebgram tersebut, di antaranya adalah yang berinisial AT (24), MJ (22), AMO, BB dan AJ.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024