Stroberi Cegah Tukak Lambung

Stroberi
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Stroberi adalah buah warna merah dengan tampilan cantik menggoda. Rasanya yang manis dan sedikit asam membuat buah ini banyak penggemarnya.

Sebuah penelitian menemukan, mengonsumsi stroberi secara teratur dapat mengurangi dan mencegah tukak lambung yang seringkali disebabkan minuman beralkohol. Studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE meneliti tikus untuk melihat bagaimana ekstrak stroberi memengaruhi kesehatan perut.

42 Pimpinan Buruh Asia Pasifik Kumpul di Jakarta, Ini yang Dibahas

Para peneliti menemukan, tikus yang diberi ekstrak stroberi selama 10 hari sebelum diberi alkohol mengalami luka di lambung lebih sedikit daripada tikus yang tak diberi stroberi sama sekali. Para peneliti percaya bahwa efek positif stroberi terkait jumlah antioksidan tinggi dan senyawa fenolik yang bersifat anti-inflamasi dan anti-pembekuan. Stroberi dipercaya mengaktifkan enzim yang penting untuk melindungi tubuh.

Seperti dikutip ScienceDaily, para peneliti menduga bahwa efek positif ini juga akan terlihat pada manusia. Meski demikian, perlu ada penelitian lebih lanjut untuk menemukan efek stroberi terhadap kesehatan perut.

Peneliti mengemukakan makan stroberi setelah minum alkohol tidak membantu melindungi dan meningkatkan kesehatan perut. Stroberi juga tidak memiliki efek pada kasus keracunan. Untuk memeroleh manfaat maksimal, jadikan buah stroberi sebagai bagian dari diet Anda. Pastikan pula asupan minuman beralkohol dalam porsi sedang. (umi)

Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Wira Satya Triputra (kiri) dalam konferensi pers kasus pembunuhan anak Tamara Tyasmara, Raden Andante Khalif Pramudityo atau Dante (6) di Polda Metro Jaya

Polda Metro Jaya Dalami Soal Laporan Dugaan Penistaan Agama Pendeta Gilbert

Polisi bakal segera melakukan pemeriksaan beberapa saksi terkait kasus dugaan penistaan agama tersebut.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024