ATM Khusus Tunanetra Kini Tersedia di Jakarta

ATM Centre di pusat perbelanjaan di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Keterbatasan penglihatan kini tak lagi menghambat transaksi perbankan. Selain layanan langsung, bank pun kini mulai menyediakan anjungan tunai mandiri (ATM) khusus bagi tunanetra.

Salah satu bank yang meluncurkan inovasi ini adalah Standard Chartered Bank. Bank asal Inggris ini menggunakan ATM yang dilengkapi dengan mesin audio. Audio ini akan memberi informasi kepada pengguna ATM, layaknya layar pada ATM biasa. Selain itu, seluruh huruf di papan tombol ATM juga tercetak tebal alias braille.

"Peluncuran layanan Talking ATM ini adalah cerminan kesungguhan Standard Chartered dalam memenuhi kebutuhan nasabah," kata Kepala Eksekutif Korporat Standard Chartered Bank Indonesia, Tom Aaker, di Jakarta, Rabu 2 November 2011.

Talking ATM ini dilengkapi layanan cek saldo, penarikan tunai, dan perubahan PIN. Nasabah bank lain yang masuk dalam jaringan ATM Bersama juga bisa memanfaatkan ATM ini. Namun, selain terkena biaya tambahan, nasabah hanya bisa cek saldo dan penarikan tunai.

Untuk tahap awal, layanan Talking ATM ini tersedia di Jakarta, yaitu di kantor pusat di Menara Standard Chartered, Jalan Prof Dr Satrio, dan kantor cabang Kuningan di Atrium Mulia, Jalan HR Rasuna Said. Sementara itu, di Jawa Timur berada di kantor cabang Surabaya, di Jalan Basuki Rahmat.

Dia mengatakan, Indonesia merupakan negara pertama dalam jaringan grup Standard Chartered Bank Asia Tenggara yang menggunakan ATM bagi tunanetra itu. Selanjutnya, Standard Chartered akan membuka Talking ATM ini di pasar utama lainnya, yaitu Korea Selatan, India, Uni Emirat Arab, dan China. (art)

Biaya Ultah Cucu SYL Minta Di-reimburse Kementan, Pegawai Menolak Terancam Dimutasi
VIVA Otomotif: Motor listrik hasil konversi

Usai Sepi Peminat, Pemerintah Kasih Gratis Konversi Motor Listrik

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) resmi memberikan konversi motor listrik secara cuma-cuma atau gratis untuk masyarakat. Bagaimana cara ikut programnya?

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024