Rusuh, Produksi Bijih Emas Freeport Cuma 5%

pipa bocor freeport
Sumber :
  • ANTARA/Spedy Paereng

VIVAnews - Pemotongan pipa distribusi konsentrat milik PT Freeport Indonesia beberapa waktu lalu menyebabkan produksi konsentrat PT Freeport Indonesia terhenti. Produksi bijih (ore) emas dan tembaga PT Freeport Indonesia kini hanya 11.500 ton atau lima persen dari rata-rata produksi bijih sebesar 230 ribu ton.

"Produksi bijihnya sekarang tinggal lima persen," kata Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Thamrin Sihite di Jakarta, Rabu 2 November 2011.

Menurut Thamrin, selain produksi bijih yang terus menurun, ekspor konsentrat Freeport ke negara-negara pembeli seperti Jepang dan Eropa terhenti. Sisa stok konsentrat yang tersisa saat ini diprioritaskan untuk dikirim ke smelter Semen Gresik untuk diolah. Seperti diketahui, konsentrat PT Freeport saat ini 30 persen dikirim ke smelter PT Semen Gresik dan 70 persen sisanya diekspor ke luar negeri.

Terhentinya ekspor konsentrat ini, lanjut Thamrin, karena pipa distribusi dipotong sehingga pengolahan konsentrat tidak berfungsi. Ia belum mengetahui kapan pabrik pengolahan akan berfungsi kembali, karena hal tersebut tergantung negosiasi gaji antara buruh Freeport dengan manajemen.

"Masih ada stok, diprioritaskan untuk smelter di Gresik, namun kalau stoknya habis maka bisa setop," kata Thamrin.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Darurat

PT Freeport Indonesia sejak 22 Oktober 2011  telah menetapkan kondisi force majeure. Status ini untuk memberitahu kepada pembeli di luar negeri bahwa saat ini Freeport Indonesia tidak bisa mengekspor dan memprioritaskan pemenuhan kebutuhan dalam negeri.

Thamrin menjelaskan penetapan force majeure ini akan berdampak pada potensi penurunan pendapatan negara dari sektor tambang. Thamrin belum mengetahui berapa potensi kerugian negara, namun dengan turunnya produksi dan pengiriman konsentrat sudah pasti berdampak ke luar negeri.

"Saya lupa angkanya, harus hitung-hitung lagi karena tergantung produksi Freeport yang setiap hari berbeda-beda," kata Thamrin. (ren)

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024