KPK: Kemenperin Juara 1 Antikorupsi

Wakil Ketua KPK, Haryono Umar dan M Jasin
Sumber :
  • kpk.go.id

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis hasil penilaian inisiatif anti korupsi (PIAK) tahun 2011. KPK menyatakan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebagai instansi di posisiĀ  tertinggi yang memiliki inisiatif anti korupsi.

Wakil Ketua KPK M Jasin mengatakan Kementerian Perindustrian menduduki peringkat pertama sebagai salah satu instansi publik yang mampu mengembangkan upaya pemberantasan korupsi dengan skor 6,86 dari nilai skor tertinggi 10.

"Ini merupakan alat ukur apakah instansi pemerintah baik di pusat maupun daerah apakah sudah memulai inisiatif mencegah korupsi di lingkungan kerjanya," kata M Jasin, usai memaparkan hasil penilaian inisiatif anti korupsi (Piak) di Gedung KPK, Jakarta, Kamis 3 November 2011.

Menyusul Kemenperin, kata Jasin, Kepolisian menduduki peringkat kedua dengan skor 6,74. Sedangkan untuk tingkat pemerintah daerah Pemda Kota Surabaya dengan skor 6,57, sedangkan peringkat kedua untuk Pemda diperoleh Provinsi DKI Jakarta.

"Ada beberapa indikator penilaian misalnya pengadaan barang dan jasa apakah sudah mengadakan sistem elektronik atau belum. Sudah ada kode etik atau belum kalau sudah bagaimana implementasinya. Dasarnya keikhlasan masing-masing instansi untuk ikut program ini," terang Jasin.

Menurut Jasin, PIAK 2011 ini diikuti oleh 18 Kementerian/Lembaga Negara dan 11 Pemda. Untuk masing Kementerian diwakili oleh tiga unit utama (setingkat eselon), kecuali Kepolisian yang diikuti enam unit utama dan Kementerian PU yang diikuti lima unit utama. "Total peserta sebanyak 70 instansi yang terdiri dari 59 unit utama Kementerian dan 11 Pemda," ujarnya.

Penilaian yang dimulai sejak Juni sampai Agustus 2011 menggunakan delapan indikator yakni kode etik khusus, transparansi manajemen SDM, transparansi penyelenggara negara, transparansi pengadaan, mekanisme pengaduan masyarakat, akses informasi publik, pelaksanaan saran perbaikan yang diberikan BPK/APIP/KPK serta kegiatan promosi anti korupsi.

"Semuanya itu dinilai oleh tiga pihak unit utama SKPD, verifikasi KPK dan akademisi/pakar," ujarnya. (umi)

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal
Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024