VIDEO: Spicy-nya Masakan Ternate

Sate Belanga
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Ternate, satu daerah di Kepulauan Maluku, ternyata menyimpan kekayaan kuliner yang tak kalah dengan wilayah lainnya di Indonesia. Apalagi, diketahui, daerah timur Indonesia ini adalah 'gudang' untuk rempah-rempah. Tak heran jika makanan khasnya pun terkenal spicy.

Baim Wong Tawarkan Pengalaman Kuliner Baru dengan Sate Celup

"Selain kaya akan rempah, masakan Ternate banyak dipengaruhi oleh budaya Arab, Cina, dan Portugis," urai Enny, ahli masak asal Ternate saat demo 'Indonesian Cooking Heritage: Gam Lamo From The East' di Pantry Magic, Kemang.

Contohnya adalah Kambing Kuning. Daging kambing yang memang banyak dikonsumsi masyarakat Timur Tengah ini dimasak dengan cara slow cooking. Cara masak ini membuat daging kambing empuk dan campuran bumbu, di antaranya pala, kulit batang kayu manis, serai, dan asam jawa, meresap sempurna ke dalam daging.

Kabupaten Kediri Pecahkan Rekor MURI Penyajian Sate Lele Terbanyak

Selain pengaruh Arab, terdeteksi juga pengaruh Cina, seperti pemakaian rebung ke dalam masakan, seperti dalam pembuatan Sayur Biji-Biji. "Biasanya orang nggak suka rebung karena aromanya. Makanya, pilih rebung segar yang masih utuh di pasar. Bukan rebung yang sudah dipotong-potong dan direndam dalam air saat dijual," urai Enny memberikan tip cara memilih rebung. Atau, untuk lebih praktis, rebung kalengan juga bisa dipakai.

Letak Ternate yang berupa kepulauan juga membuat daerah ini kaya akan hasil laut. Seperti ikan tenggiri yang dimasukkan ke dalam Sayur Biji-Biji dalam bentuk bola-bola ikan. Ikan menjadi makanan sehari-hari karena ikan begitu mudah didapat. Makanya, seperti juga orang Makassar, 1 ikan diperuntukkan untuk 1 orang. Bukan seperti di Jakarta, 1 ikan bakar akan 'dikeroyok' oleh 2-3 orang.

Puji Kuliner Indonesia, Kim Bum Ternyata Suka Sate

Daerah dengan maskot Gunung Gamalama ini juga terkenal sebagai penghasil kenari. Banyak dari makanan Ternate yang sangat generous menggunakan kacang tersebut. Seperti dibuat menjadi kue, misalnya bagea, atau dicampurkan sebagai bumbu masakan. Sifatnya mirip kemiri. Makanya, Sate Belanga, satai tapi tanpa tusuk satai, bercita rasa gurih yang pekat walau Enny tidak menambahkan penyedap tambahan.

Ingin melihat makanan-makanan yang dimasak Enny? Intip tautan berikut.

Baim Wong dan Gibran

Komentar Gibran Setelah Cicipi Sate Celup Milik Baim Wong

Mendengar bahwa Sate Celup diakui sebagai pelopor sate terenak, Gibran tidak ragu untuk mengunjungi outlet baru tersebut di Kemang

img_title
VIVA.co.id
5 Februari 2024