Berkuda (Equestrian)

Berkuda
Sumber :
  • VIVAnews/Irvan Beka

Sesuai Harapan Netizen, Motor Aerox Langsung Terbakar Usai Digeber-geber Knalpotnya saat Takbiran

Berkuda jadi olahraga yang sudah dimainkan sejak berabad-abad lalu. Seekor kuda dilatih untuk dapat berpacu menuju garis akhir (finis) mengalahkan peserta lain. Penunggang atau joki bertugas untuk mengendalikan kuda agar dapat bergerak sesuai perintahnya.

Menunggang kuda adalah olahraga yang istimewa, karena kuda dan pengendaranya bekerjasama selama bertahun-tahun untuk mengasah prestasi dibumbui keanggunan, keberanian, kelincahan dan kecepatan.

TERPOPULER: Ayu Ting Ting Lebaran Bareng Calon Suami, Ria Ricis Ditinggal Pulang Kampung Teuku Ryan

Nomor yang dilombakan (Individual (Putra dan Putri) serta Tim (Putra dan Putri):

1.     Dressage

Kocak, Shin Tae-yong Dipanggil 'Haji Lulung' Saat Bagi-bagi THR Uang Dollar

Dressage adalah nomor perlombaan yang menampilkan gerakan-gerakan/langkah-langkah layaknya balet. Perlombaan ini diadakan lebih dari tiga ronde. Di dua ronde awal, kuda dan pengendaranya melakukan serangkaian hal yang berkaitan dengan gerakan dressage, termasuk passages, pirouettes, piaffes  dalam walk, trot dan canter. Sedangkan ronde ketiga memainkan gaya bebas, dengan menggunakan gerakan yang dibuat oleh masing-masing individual dan ditampilkan dengan menggunakan musik. Penilaian ditentukan oleh wasit dengan melihat seberapa baiknya seekor kuda menyelesaikan gerakan-gerakan tersebut.

2.     Jumping

Jumping adalah nomor perlombaan yang mengharuskan kuda melewati beberapa halangan/rintangan tanpa harus menjatuhkan rintangan tersebut.

3.     Eventing

Eventing adalah gabungan dari dua nomor pertandingan tersebut (Jumping dan Dressage) ditambah dengan pertandingan menunggang kuda melewati lintasan. Penilaian diambil dengan cara menjumlah nilai dari semua pertandingan setiap harinya.

Jadwal:

Di SEA Games XXVI tahun 2011 cabang olahraga Berkuda dikategorikan sebagai olahraga terukur (measured sports) yang akan digelar di Arthayasa Stables and Country Club, Cinere, pada 15-19 November 2011. Berkuda memperebutkan total 6 medali emas.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya