Kacamata Cantik dari Biji Jarak

Kacamata cantik dari Biji Jarak
Sumber :
  • vogue.fr

VIVAnews - Kembali ke alam, nampaknya slogan ini terus-menerus diterjemahkan oleh kalangan fashion dunia belakangan ini. Para desainer berlomba-lomba menggunakan bahan ramah lingkungan, seperti memanfaatkan rumput dan susu jadi bahan busana.

Hal ini juga menginspirasi desainer kenamaan asal Inggris, Stella McCartney. Untuk musim semi 2012, McCartney mengandalkan tren warna hijau meluncurkan kacamata ramah lingkungan yang stylish. Seperti dilansir dari laman Vogue, kacamata ini dibuat dengan menggunakan bahan baku alami seperti biji jarak dan asam sitrat atau plastik asetat alami.

Pada koleksi kacamata ramah lingkungan ini, terdapat dua model yang menggunakan asetat alami dan dua model kacamata yang menggunakan logam. Semua kacamata disuntikan bio-plastik yang terbuat dari 54 persen minyak jarak.

Bio-plastik dari bahan minyak jarak diketahui sebagai sumber daya yang dapat diperbaharui sehingga membantu mengurangi penggunaan minyak bumi. Biji jarak pun tumbuh dengan sedikit air dan pestisida.

Tak hanya itu, plastik asetat pun dibuat dengan kandungan 54 persen bahan alami. Yakni, menggabungkan selulosa dengan plastik alami yang terbuat dari asam sitrat.

"Tantangan terbesar dalam mengembangkan koleksi ini adalah lamanya penelitian dan percobaan untuk menemukan kualitas terbaik dengan ketahanan yang baik, sementara kita tetap harus memertahankan sisi gaya," ujar Stella McCartney.

Langkah ini bisa dikatakan kemajuan besar dalam dunia fashion. Mengingat, banyaknya bahan kimia berbahaya dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dipakai unuk mendukung gemerlapnya panggung fashion.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024
Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.

Tak Lapor Surya Paloh, Waketum Nasdem Klaim Temui Prabowo Tanpa Wakili Partai

Waketum Nasdem menegaskan tidak ada pembicaraan politik dengan Prabowo.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024