Pesantren Ini Kurban Pakai Kerbau

Menenangkan kerbau bule yang akan disembelih
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro

VIVAnews - Berkurban dengan menyembelih kambing, domba, sapi atau unta sudah lazim dilakukan oleh umat muslim saat hari raya Idul Adha yang akan jatuh pada Minggu, 6 November.

Namun berkurban dengan kebau mungkin hanya segelintir umat Islam yang melakukannya. Salah satunya, Kiai HM Fuad Riyadi, pemilik pondok pesantren Roudlotul Fatihah, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kiai ini memilih kerbau untuk berkurban.

Dia mengatakan, kerbau dipilih sebagai penghormatan kepada umat Hindu yang tak membolehkan memakan sapi. "Pada saat Idul Adha, anda tahu ada Hindu yang tak mau memakan daging sapi," katanya di Magelang, Sabtu, 5 November 2011

Maka itu, Fuad mengatakan, pesantren ini akan terus menyembelih kerbau sebagai pengganti sapi. "Khusus besok, kami akan menyembelih tiga kerbau dan 20 kambing," paparnya

Selain itu, alasan lain memilih kerbau untuk kurban juga karena bercermin pada kebiasaan Sunan Kudus. Menurut Fuad, Sunan Kudus tak pernah mau menyembelih sapi, bahkan saat Idul Adha. Hal itu sebagai wujud toleransi beragama, yaitu menghargai keyakinan umat Hindu yang mengeramatkan sapi.

Fuad juga mengatakan, berkurban dengan kerbau juga didasarkan pada segi ekonomis. "Harga kerbau jauh lebih murah," katanya. (Laporan: Juna Sanbawa, Magelang | eh)

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark
Rowoon

Rowoon Ungkap Alasan Keluar dari SF9 dan Fokus di Akting Sebagai Aktor

Rowoon eks anggota SF9 baru-baru ini akhirnya mengungkapkan alasan di balik keputusannya untuk meninggalkan grup idola tersebut dan beralih fokus ke dunia akting. 

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024