Bahas Keamanan Timteng Komisi I DPR ke Maroko

Demonstran Dukung Anti Pemerintah Suriah
Sumber :
  • REUTERS/ Omar Ibrahim

VIVAnews – Komisi I DPR yang membidangi sektor pertahanan dan luar negeri, berkunjung ke Maroko selama masa reses ini. Kunjungan itu untuk membahas isu keamanan kawasan Timur Tengah. Timur Tengah menjadi sorotan dunia setelah banyak negara di kawasan tersebut dilanda gerakan revolusioner untuk menumbangkan pemimpin mereka yang telah lama berkuasa.

“Kunjungan 12 orang anggota Komisi I ke Maroko adalah dalam rangka menghadiri undangan Kementerian Luar Negeri dalam Forum Group Discussion tentang Perkembangan Timur Tengah dan Afrika Utara pasca ‘Arab Spring,’” kata Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Senin 7 November 2011.

Arab Spring adalah julukan yang diberikan terkait aksi demonstrasi dan perlawanan rakyat di Timur Tengah dan Afrika Utara, yang berakhir dengan jatuhnya rezim berkuasa di negara-negara di kawasan tersebut. Arab Spring dimulai di Tunisia pada Desember 2010 lalu.

Hizbullah Tembakkan 15 Roket ke Wilayah Israel

Gerakan itu dengan cepat merembet ke negara-negara tetangganya di Mesir, Libya, Bahrain, Suriah, Yaman, Aljazair, Irak, Yordania, Maroko, dan Oman. Rezim lama di Tunisia, Mesir, dan Libya, telah tumbang karena gerakan ini.

Selain membahas isu keamanan Timur Tengah pasca Arab Spring, Komisi I DPR juga membahas peluang dagang di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. “Perkembangan isu strategis kawasan, serta peluang ekonomi di kawasan terkait, juga menjadi perhatian,” ujar Tubagus.

Forum Discussion Group di Maroko yang dihadiri oleh Komisi I DPR itu, terang Tubagus, juga dihadiri oleh 22 kepala perwakilan negara atau Duta Besar, baik dari RI maupun dari kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Forum ini berlangsung dari tanggal 1-6 November 2011.

Rombongan Komisi I yang ikut dalam kunjungan ke Maroko, kata Tubagus, antara lain adalah Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq, Wakil Ketua Komisi I Agus Gumiwang Kartasasmita, dan anggota Komisi I Tantowi Yahya, Yorrys Raweyai, M. Fayakun, M. Najib, serta Effendi Choirie.

Ilustrasi remaja.

Gak Nyangka, Ternyata Gen Z Punya Karakter Mulia Ini

hasil riset HILL ASEAN Study 2021, mengungkap bahwa Gen Z ternyata memang mengutamakan nilai-nilai kekeluargaan maupun komunitas. Mereka tumbuh jadi generasi harmonis.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024