Dana Siaga, Cara Amankan APBN dari Krisis

Rahmat Waluyanto
Sumber :
  • doc.daylife

VIVAnews - Pemerintah menegaskan dalam mengadapi dampak dari krisis global saat ini telah mempersiapkan dana kontijensi atau dana siaga dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Saat ini telah ada sejumlah kreditor yang siap memberikan pinjaman pada Indonesia.

Menurut Direktur Jendral Pengelolaan Utang Rahmat Waluyanto, dana siaga berfungsi sebagai penjaga kredibilitas APBN itu sendiri. Kredibilitas ini memiliki arti dalam situasi dan kondisi apa pun, APBN masih tetap bisa berjalan.

"Artinya, pembiayaan masih bisa dijamin sehingga program-program pemerintah tetap berjalan sebagaimana mestinya," kata dia, saat ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin 7 November 2011.

Dalam dana siaga ini, juga telah dipersiapkan untuk dana pangan. Dana pinjaman untuk pangan ini akan didapat dari Bank Dunia.

Namun, Rahmat enggan mengungkap siapa lembaga pemberi dana kontijensi secara keseluruhan. "Potensial kreditor bisa siapa saja. Tapi belum ada yang secara khusus untuk yang sudah mengatakan bersedia tapi secara informal sudah melakukan penjajakan," tuturnya.

Terkait jumlah nominal dari dana kontijensi ini, dia mengatakan, belum ditentukan. Namun dia menekankan pada fungsi siaga tersebut. "Paling tidak kami siap melakukan pembiayaan-pembiayaan yang terjadi di luar perkiraan," katanya. (umi)

Terdakwa Yosep Subang Diadili Bunuh Istri dan Anak Demi Uang, Korban Dibacok Pakai Golok
Sapi Albino Ko Muang Phet.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar

Kerbau albino bertubuh besar ini bernama Ko Muang Phet, terkenal di kalangan peternak Thailand sebagai hewan pejantan. Tingginya 1,8 meter dan berusia empat tahun.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024