Lima Negara Terbesar Pembeli LNG Indonesia

Produksi Gas PT.Badak
Sumber :
  • Antara/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Dalam sepuluh tahun terakhir investasi gas bumi di Indonesia lebih dominan dibandingkan investasi minyak bumi. Hal ini membuktikan Indonesia negeri yang kaya sumber daya alam gas bumi.

Salah satu produk gas bumi adalah Liquified Natural Gas (gas alam cair/LNG). Pemanfaatan LNG dapat digunakan untuk bahan bakar pembangkit listrik tenaga gas, bahan bakar kendaraan bermotor, hingga gas kota untuk kebutuhan rumah tangga, hotel, dan restoran. Dengan harga lebih murah, dan lebih bersih dibandingkan bahan bakar minyak membuat banyak negara berlomba mengimpor LNG.

Indonesia saat ini menduduki peringkat ketiga eksportir LNG setelah Australia dan Qatar. Saat pembangkit listrik Nuklir Fukushima di Jepang rusak diterjang gempa bumi dan tsunami, Jepang menyatakan akan menambah ekspor LNG dari Indonesia.

Berdasarkan data BP Migas, Jepang, Korea, Taiwan, China dan Amerika Serikat adalah lima negara pengekspor terbesar dari Indonesia. Produk LNG diambil dari lapangan Arun, Bontang dan Tangguh.

Pada 2010 lalu, Indonesia mengekspor 427 kargo ke lima negara tersebut. Jepang mengimpor LNG sebanyak 258 kargo dari lapangan Bontang. Korea mengimpor 85 kargo dengan rincian 33 kargo dari Arun, 26 kargo dari Bontang dan 26 kargo dari Tangguh.

Sedangkan Taiwan mengimpor 32 kargo LNG dengan rincian 31 kargo dari Bontang, dan 1 kargo dari Tangguh. Selanjutnya China mengimpor 29 kargo LNG dari Indonesia berasal dari Tangguh.

Amerika Serikat adalah negara kelima terbesar mengimpor LNG dari Indonesia sebanyak 23 kargo yang berasal dari Tangguh.

Sedangkan ekspor LNG pada 2011 terjadi penurunan menjadi 362 kargo. Penurunan ini seiring dengan komitmen pemerintah mengalokasikan gas untuk domestik. Jepang mengimpor LNG sebanyak 172 kargo dengan rincian 2 kargo dari lapangan Arun, 166 kargo dari Bontang dan 4 kargo dari Tangguh.

Korea Selatan mengimpor LNG sebanyak 68 kargo dengan rincian 23 kargo dari Arun, 24 kargo dari Bontang dan 21 kargo dari Tangguh. Taiwan pada 2011 mengimpor 32 kargo LNG dari Bontang.

China mengimpor LNG sebanyak 35 kargo LNG dari Tangguh sedangkan Amerika Serikat mengimpor LNG dari Indonesia sebanyak 55 kargo yang berasal dari lapangan Tangguh.

Cerita Unik Muzakki Ramdhan Tentang Menyatu dengan Reza Rahadian di Film Siksa Kubur
Nathan Tjoe-A-On

PSSI Tempuh Jalur Tak Normal Supaya Nathan Tjoe-A-On Bela Timnas U-23 Indonesia di Perempat Final

PSSI sedang berusaha mendapatkan izin dari SC Heerenven agar mau kembali melepas Nathan Tjoe-A-On ke Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di babak perempat final.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024