Target Juara Umum SEA Games Sangat Realistis

Peluncuran Logo Sea Games XXVI
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Ketua Umum KONI Pusat, Rita Subowo yakin kontingen Indonesia dapat menjadi juara umum di ajang SEA Games XXVI kali ini.
Menurutnya, hal tersebut menjadi target realistis yang dapat diraih atlet-atlet Indonesia.

Tidak hanya lantaran faktor tuan rumah, menurut Rita, saat ini terdapat lebih dari 10 cabang olahraga yang potensial menjadi tambang emas bagi kontingen Merah Putih.

"Itu target yang sangat realistis. Banyak cabang olahraga yang potensial medali emas bagi Indonesia. Kami punya Angkat Besi, kami juga kuat di Badminton, Paragliding. Open Water Swimming juga bagus. Terus kami juga punya Karate, Taekwondo, Wushu, Pencak Silat dan ada beberapa cabang lain yang memang di atas kertas diunggulkan," ujar Rita Subowo usai pengukuhkan pengurus PSSI di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Selasa 8 November 2011.

Rita menambahkan, untuk bisa mencapai sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi, dukungan seluruh masyarakat Indonesia terhadap penyelenggaraan SEA Games XXVI sangat diharapkan. Selain sebagai motivasi bagi para atlet yang akan bertanding, dukungan masyarakat juga diharapkan mampu meningkatkan citra positif Indonesia sebagai tuan rumah yang baik dan antusias.

"Dukungan masyarakat sangat diharapkan. Mudah-mudahan di negara sendiri atlet-atlet dapat menunjukkan prestasi. Saya yakin target juara umum tahun ini dapat tercapai," ujar Rita.

Untuk dapat menjadi juara umum SEA Games kali ini, Indonesia dituntut untuk bisa mengoleksi sebanyak mungkin medali emas dari cabang-cabang unggulan yang sebelumnya ditargetkan emas.

Rita mengatakan, sedikitnya kontingen Indonesia harus bisa meraup 25 persen medali emas dari total medali yang ada. Menurut Rita, dalam SEA Games kali ini terdapat 545 medali yang diperebutkan 11 negara.

"Keseluruhan itu ada 545 medali. Paling tidak, kita harus dapat 25 persen atau lebih dari keseluruhan jumlah tersebut. Jadi kita kira-kira harus mendapatkan sekitar 145-150 medali emas untuk bisa berada di posisi aman menjadi juara umum," ujar Rita.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak
Prabowo Subianto bersama Gibran Rakabuming Raka

Khawatir Ada Aksi saat Putusan Sengketa Pilpres, TKN Siapkan Satgas Khusus

TKN menyampaikan pesan Prabowo kepada barisan pendukungnya agar mempercayakan putusan sengketa pilpres terhadap hakim MK.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024