Ekspansi Bisnis, Antam Emisi Obligasi Rp4 T

Gedung PT Aneka Tambang Tbk.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - PT Aneka Tambang Tbk berencana menerbitkan obligasi berkelanjutan senilai Rp4 triliun yang dikeluarkan dalam dua seri. Pada tahap pertama, perusahaan pelat merah itu berencana menerbitkan obligasi senilai Rp1,5 triliun.

Dalam prospektus yang disampaikan perusahaan hari ini, Rabu 9 November 2011 disebutkan, perusahaan telah menunjuk tiga penjamin emisi yaitu PT Deutsche Securities Indonesia, PT Mandiri Sekuritas, dan PT Standard Chartered Securities Indonesia. Sementara itu, untuk penjamin emisi global belum diputuskan.

Antam berencana menggunakan dana hasil penerbitan obligasi berkelanjutan senilai Rp4 triliun tersebut untuk kegiatan investasi berupa pembangunan prasarana dan bangunan serta pembelian mesin dan alat produksi dengan porsi 20 persen atau Rp800 miliar.

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia

Sisanya sebesar 80 persen atau Rp3,2 triliun akan digunakan untuk pengembangan usaha berupa pembukaan tambang baru, implementasi proyek-proyek pengembangan perusahaan untuk memperkuat bisnis inti, dan pengggunaan untuk proyek pengembangan lain.

Sementara itu, dana hasil penerbitan obligasi tahap pertama, Antam akan mengalokasikan untuk investasi di unit bisnis pertambangan nikel di Sulawesi Tenggara dan Maluku Utara serta pengembangan bisnis di unit bisnis pertambangan emas. Total alokasi dana untuk kegiatan ini direncanakan mencapai Rp450 miliar.

Sisa dari dana hasil obligasi tahap pertama sebesar Rp1,05 triliun akan dialokasikan untuk belanja modal berupa renovasi, perbaikan, dan modernisasi pabrik feronikel di Pomalaa sebesar Rp990 miliar. Sisanya digunakan untuk pembukaan tambang nikel di Maluku Utara dan atau Sulawesi Tenggara, atau tambang bauksit di Kalimantan Barat.

Dalam penerbitan obligasi itu, Antam telah mengantongi hasil pemeringkatan surat utang jangka panjang dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan rating AA dan outlook stabil.

Proses penawaran obligasi direncanakan mulai dilaksanakan pada 10-24 November 2011 dengan tanggal efektif pada 2 Desember 2011. (art)

Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024