Krisis, Kesiapan RI Lebih Baik dari 2008

Anggito Abimanyu
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Keadaan Indonesia dalam menghadapi krisis global yang terjadi saat ini dinilai cukup baik dari pada krisis 2008 dan 2009. Beberapa faktor fundamental ekonomi masih cukup mumpuni.

Menurut pengamat ekonomi, Anggito Abimanyu, beberapa hal positif saat ini adalah cadangan devisa yang meningkat, rasio utang yang aman, Surat Berharga Negara cukup dalam dan efisien.

"Serta investasi baik dalam bentuk portofolio dan FDI menggeliat," ujarnya saat ditemui di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu 9 November 2011.

Dampak krisis global ke Indonesia, Anggito mengatakan, saat ini belum bisa diprediksi. Pasalnya hal ini sangat bergantung dari perkembangan krisis di Eropa. "Apakah ini akan melebar atau akan menemukan jalan keluar," katanya, menambahkan.

Dalam mengantisipasi dampak krisis ini, Anggito mengatakan, pemerintah seharusnya sudah menyiapkan suatu paket kebijakan yang komprehensif dan ini tidak cukup hanya dengan Crisis Managment Protocol, UU APBN, atau UU Otoritas Jasa Keuangan.

"Krisis global harus di antisipasi. Harus membuat suatu paket yang komprehensif. Kita memang memiliki ketentuan pencegahan dalam kondisi darurat seperti UU APBN, OJK, namun intstrumen tersebut belum memadai," tuturnya.

Dampak krisis ini untuk saat ini, tambahnya, mulai terasa ditunjukan dengan perlambatan faktor eksternal seperti ekspor sudah mulai terasa di Indonesia. Namun sekarang ini Indonesia masih didukung oleh faktor domestik yang kuat. "Seperti konsumsi pemerintah, APBN sebagai pilar," ujar Anggito.

Meski demikian, pada 2012, Anggito memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih akan di atas enam persen dan sedikit mengalami perlambatan dari tahun ini.

"Tapi tetap tergantung kondisi Eropa sekarang, yaitu krisis Yunani dan Italia," ucapnya.

Terkait inflasi sendiri, dia juga mengatakan akan tetap rendah dan capital inflow masih akan tetap masuk ke Indonesia. Hal ini merupakan angin positif bagi Indonesia. "Inflasi rendah, karena penurunan permintaan global, capital inflow masih akan terjadi, dan Indonesia sekarang saatnya harus memperkuat dalam bentuk FDI dan memperkuat perekonomian domestik," katanya.

3 Fakta Menarik Serial The Perfect Strangers, Maxime Bouttier dan Beby Tsabina Gemas Banget!
TImnas Indonesia U-23

Pemain Korea Selatan Puji Timnas Indonesia U-23

Timnas Indonesia U-23 dan Korea Selatan akan berhadapan di babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Jelang laga itu, pemain Korea Selatan memberikan pujian.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024