Garin Nugroho Sutradarai Film Rp12 Miliar

Garin Nugroho
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Setelah merilis film 'Mata Tertutup', sutradara Garin Nugroho tampaknya tak mau menunggu terlalu lama untuk kembali berkarya di dunia layar lebar. Sutradara asal Yogyakarta itu kini sedang sibuk mengerjakan film berjudul 'Soegija'.

Film ini mengangkat kisah kepahlawanan Mgr Soegijapranata sebagai seorang pahlawan nasional dan juga uskup pribumi pertama di Indonesia. Posisinya sebagai pemimpin gereja Katolik saat itu tidak menghalanginya untuk berjuang secara total demi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Menurut Garin, syuting pertama akan dilakukan di Semarang pada awal pekan ini. "Di Gereja Gedangan ini, Soegija ditahbiskan sebagai uskup pribumi pertama. Banyak sejarah penting yang terjadi pada masa menjelang kemerdekaan RI di gereja ini, dan akan diangkat dalam film ini," kata Garin dalam rilis yang diterima VIVAnews, Rabu, 9 November 2011.

Film dengan dana yang hampir 12 miliar ini juga menggandeng sejumlah nama seniman dan artis seperti Landung Simatupang, Butet Kertarajasa, Djaduk Ferianto, Nirwan Dewanto dan Olga Lidya.

"Selanjutnya pengambilan gambar juga akan dilakukan di Yogyakarta seperti di Gereja Bintaran, Panti Rapih, Stasiun Tugu, serta Klaten, Ambarawa dan sekitarnya," ucap Garin.

Film 'Soegija' rencananya akan dirilis pada Juni 2012. Film ini mengambil setting waktu masa perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tahun 1940-1949. Film ini juga akan menjadi karya perdana SAV Puskat di dunia layar lebar. (adi)

KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI
Xiumin EXO

Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial

Melalui unggahan video tersebut, Xiumin EXO mengajak penggemarnya untuk datang dan menyaksikan penampilannya dalam acara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024