Indonesia Siap Gelar Festival Film Asean 2011

Menteri Perdagangan Marie Elka Pangestu
Sumber :
  • ANTARA/Fanny Octavianus

VIVAnews – Indonesia siap menjadi tuan rumah ajang festival film se-Asia Tenggara (ASEAN Film Festival/AFF) yang akan dihelat di Bali, 16-17 November 2011 mendatang.

Ian Wright Sebut 2 Pemain Ini Dibutuhkan Arsenal untuk Taklukkan Bayern Munich, Siapa Mereka?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu menilai, AFF memiliki nilai strategis memupuk dan mengembangkan jaringan industri kreatif antar negara anggota ASEAN.

Seperti diketahui pengembangan industri kreatif saat ini didominasi negara-negara seperti Amerika Serikat, India, Jepang, dan China. Selain itu, ajang AFF juga membuka kesempatan Indonesia bekerjasama dengan negara lain, khususnya di bidang film.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

“Kita memiliki potensi sangat banyak untuk bisa dijadikan sebagai negara tujuan lokasi syuting. Usaha ini dimaksudkan agar melalui film, Indonesia dapat dipromosikan lebih gencar lagi dan pada gilirannya akan menarik wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia,” ungkap Mari saat ditemui di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, Kamis, 10 November 2011.

Dengan mengusung tema ‘ASEAN : The Global Film Connection’, ajang tersebut akan diisi dengan tiga acara utama. Acara tersebut antara lain pemutaran sepuluh film pilihan dari masing-masing negara anggota ASEAN, seminar yang membahas isu perfilman dalam lingkup ASEAN, serta resepsi red carpet dan gala dinner.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Mari berharap penyelenggaraan AFF bisa berjalan sukses. Dengan demikian, Indonesia akan dicatat dalam sejarah perfilman di kawasan regional ASEAN.

Di ajang AFF nanti, akan diputar sejumlah film karya sutradara asal negara-negara ASEAN. Film-film itu adalah ‘Eternity’ karya sutradara M.L Pundhevanop Dhewakul (Film terbaik Thailand National Film Awards 2011), ‘EMIL’ karya sutradara asal Filipina ( Film terbaik Film academy of Philipines 2011), dan ‘Bunohan’ karya sutradara Malaysia, Dain Said. Indonesia sendiri akan diwakili film ‘Di Bawah Lindungan Ka’bah’ karya sutradara Hanny R Saputra.

Toyota Prius 2024

Toyota Tarik Ratusan Ribu Unit Mobil Prius Hybrid di AS

Pabrikan otomotif asal Jepang, Toyota mengumumkan untuk melakukan penarikan kembali atau recall Prius terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024