Kabupaten di AS Jatuh Bangkrut

Reaksi seorang pialang melihat indeks harga saham turun.
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Suatu kabupaten di negara bagian Alabama, AS, mengajukan perlindungan pailit di pengadilan setelah tak sanggup membayar utang miliaran dolar. Peristiwa yang menimpa Kabupaten (County) Jefferson itu merupakan kasus kebangkrutan terbesar yang menimpa wilayah tingkat dua di AS.

Menurut kantor berita Reuters, keputusan perlindungan pailit itu dinyatakan lewat pemungutan suara oleh lima anggota dewan komisaris Jefferson, Rabu waktu setempat, dengan komposisi 4 banding 1. Para komisaris itu merupakan pejabat terpilih dan bukan berdasarkan penunjukkan politik.

Jefferson dianggap tidak mampu menanggung utang yang sudah lebih dari US$5 miliar sehingga mengajukan perlindungan pailit ke pengadilan, yang dikenal dengan istilah Chapter 9.

Beribukota Birmingham, utang di Jefferson County mulai bertambah di pertengahan dekade 2000-an setelah membiayai pemuktahiran sistem gorong-gorong. Jefferson mengandalkan penjualan surat utang untuk mendanai proyek itu.

Utang pun bertambah seiring dengan naiknya tingkat suku bunga. Sejak 2008, Jefferson County mulai menghadapi masalah pembayaran utang. Nilainya melebihi beban yang pernah ditanggung Orange County di California, saat mengajukan perlindungan pailit pada 1994.

Padahal Jefferson County dulunya dikenal sebagai wilayah terkaya di negara bagian Alabama. Berpenduduk sekitar 660.00 jiwa, Jefferson County menjadi lokasi sejumlah kompleks mewah dan sekaligus memiliki kantong-kantong kemiskinan.

Gubernur Alabama, Robert Bentley, khawatir bahwa perlindungan pailit Jefferson County bisa meruntuhkan citra ekonomi di provinsinya. Sejumlah upaya sudah dikerahkan, mulai dari pemutusan hubungan kerja para staf hingga pemangkasan anggaran.

Ada kekhawatiran bahwa masalah ini bisa berdampak naiknya suku bunga obligasi bagi wilayah-wilayah lain di Alabama. Sejumlah kreditur, termasuk JPMorgan Chase & Co., mengaku juga sudah menawarkan keringanan pembayaran utang. Namun tidak tercapai kesepakatan memuaskan.

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC
Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024