Studi Kelayakan Kereta Bandara Diulang

EE Mangindaan
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Pemerintah mengungkapkan studi kelayakan atau trase proyek pembangunan infrastruktur Kereta Api Manggarai - Bandara Soekarno Hatta diulang. Sebab, hal itu untuk mengantisipasi kendala-kendala yang mungkin terjadi ketika pelaksanaan pembangunan.

"Yang paling dipentingkan kan kendala yang tiba-tiba muncul pada waktu pelaksanaan. Ada semacam suatu peluang untuk dibicarakan kembali ketika ada kendala di luar kendali, gempa atau apalah segala macam," kata Menteri Perhubungan, EE Mangindaan di sela Indonesian Logistics Summit 2011, di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis 10 November 2011.

Menhub menuturkan, studi kelayakan yang akan dilakukan PT Sarana Multi Infrastruktur sesuai dengan keputusan Menteri Keuangan yang mempertimbangkan aspek keuangan.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Pengulangan studi kelayakan oleh lembaga pembiayaan infrastruktur yang ditunjuk Kementerian Keuangan, kata Menhub, merupakan bagian dari modal untuk membangun infrastruktur.

"Itu sudah disetujui Menkeu. Itu suatu kemajuan bahwa kita buka secara transparan, tetapi yang menilai adalah Menkeu bahwa ini pantas untuk persyaratan-persyaratannya," ungkapnya.

Ketika ditanya studi kelayakan baru itu akan berimbas pada bertambahnya nilai investasi pembangunan, menteri menampiknya. Sebab, berdasarkan kriteria dan Rencana Induk Perkeretaapian Nasional tahun 2010-2030, sudah ditentukan bahwa nilai investasi pembangunan rel kereta api Manggarai - Bandara Soekarno Hatta sebesar Rp10 triliun.

"Itu sudah ada kriterianya. Juga, berdasar rencana induk perkeretapian, sudah diperhitungkan Menkeu tidak akan menambah (nilai investasi)," kata Menhub.

Mulai Beraksi

Adapun hasil studi yang kedua ini, lanjutnya, akan dikompilasi dengan studi kelayakan sebelumnya yang dilakukan PT Railink. Dia berharap, dengan adanya studi kelayakan yang kedua ini proyek pembangunan kereta api bandara tidak menemukan kendala dalam pembangunannya.

Persija Kurang Maksimal saat Kalahkan Persis, Ini Alasannya

"Studi pertama akan digabung, sehingga diharapkan satu tahun ini sudah tidak asistensi lagi, tetapi sudah mulai action," kata menteri.

Menhub menambahkan, pembangunan rel kereta api tersebut akan dilakukan paralel per bagian dari Manggarai hingga Bandara Soekarno Hatta, sehingga proses pembangunan selesai secepatnya. "Diharapkan bisa paralel berjalan, sehingga bisa lebih cepat. Secepatnya," kata menteri. (ren)

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Eks Stafsus Kementan Akui Pernah Diperintah SYL Urus Ultah Nasdem

Mantan Staf KhususSyahrul Yasin Limpo alias SYL di Kementan RI, Imam Mujahidin Fahmid mengatakan dirinya sempat mendapatkan perintah dari SYL untuk mengurus ultah NasDem.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024