Pendidikan Bagi Wanita Indonesia Masih Minim

Okky Asokawati
Sumber :
  • Facebook.com

VIVAnews - Pemberdayaan wanita nampaknya masih menjadi pekerjaan rumah yang sangat berat bagi Indonesia. Memang, di kota besar sangat banyak wanita maju dan pintar dengan karier yang membanggakan. Di sisi lain, masih banyak banyak wanita terutama di daerah terpencil yang terdesak dengan tuntutan hidup tanpa pendidikan yang memadai.

Iran Bantah Rudal Israel Meledak di Isfahan: Itu Drone yang Ditembak Jatuh

Tak dapat dipungkiri, budaya partriarki masih sangat kental di dalam masyarakat Indonesia. Banyak keluarga miskin yang ketika dihadapai sebuah pilihan cenderung mendahulukan pria ketimbang wanita.

"Ketika mereka memutuskan untuk menyekolahkan anak, biasanya mereka akan lebih memilih menyekolahkan anak laki-laki dibanding anak perempuan," ujar Okky Asokawati, mantan model yang sekarang menjadi anggota Komisi IX DPR, ketika ditemui VIVAnews di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurut Okky, budaya partriarki adalah tantangan terbesar bagi pemberdayaan wanita. Bahkan, banyak wanita yang justru lebih partriarkis dibanding pria. Banyak yang tidak nyaman jika pria melakukan pekerjaan wanita seperti menyapu, mencuci baju. "Jangan pak, biar saya saja. Enggak enak dilihat tetangga," ujarnya meniru percakapan yang biasanya sering terjadi ketika sang suami mengerjakan pekerjaan rumah.

Pemberdayaan wanita bukan untuk menyalahi kodrat sebagai seorang wanita, melainkan untuk mencerdaskan bangsa. "Biasanya, pendidikan jika diberikan pada pria ya hanya untuk dirinya saja. Tetapi, jika diberikan pada wanita, mereka akan memanfaatkan pendidikan tersebut tidak hanya untuk mereka pribadi, tetapi juga untuk mendidik anak-anak mereka," ujarnya.

Tapi, ada satu hal yang harus diwaspadai. Di negara maju, muncul fenomena yang cukup merugikan bagi negara karena pemberdayaan wanita sudah kelewat batas.

Di bidang pendidikan, pria kalah bersaing dengan wanita. Banyak wanita pintar memilih untuk tidak menikah lantaran karier dan tidak menemukan pria yang memiliki pendidikan dan pendapatan yang lebih besar dibanding mereka. Karenanya, banyak pula yang menyalahi kodrat dengan lebih memilih untuk tidak menikah dan memiliki anak. Alhasil, demografi pertumbuhan penduduk pun menjadi tidak baik dengan semakin banyaknya penduduk usia lanjut, dan semakin sedikitnya penduduk usia produktif.

"Kita masih sangat jauh dari kondisi seperti itu. Wanita-wanita di negara maju memiliki posisi tawar yang sangat bagus. Bahkan, negara rela membayar agar mereka mau melahirkan seorang anak seperti di Prancis," papar Okky.

TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua

Takut Dicerai

Menurut dia, posisi tawar wanita Indonesia masih sangat minim. "Misalnya mereka digebukin, mereka tidak berani lapor ke polisi karena mereka takut dicerai. Kalau dicerai, mereka bisa hidup dari apa?"

Dengan pertumbuhan penduduk yang masih sangat baik, pemberdayaan wanita menjadi salah satu cara untuk mencerdaskan generasi muda. Namun, Okky berpendapat bahwa meski pemberdayaan wanita masih harus digalakkan, pemberdayaan tidak boleh menghilangkan unsur ketimuran.

"Bagaimana juga adat timur itukan berbeda dari budaya barat. Karenanya, dimulai dari sekarang, kita harus punya misi bahwa keluarga itu adalah organisasi terkecil dari sebuah bangsa, yang akan membuat negara menjadi berdaya." (ren)

Viral Wanita Ini Bawa Mayat Pamannya Buat Pinjam Uang ke Bank
Alvina Elysia Dharmawangsa

Mengenal Sepak Terjang Karier Alvina Elysia, Dirut Perempuan di Anak Perusahaan Pupuk Kaltim

Alvina Elysia Dharmawangsa Mengawali karier di tahun 2008 sebagai staff Process Engineer di pabrik Pupuk Kaltim usai menuntaskan pendidikan tingginya dari jurusan Teknik

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024