Dahlan: Palapa Ring Revolusi Besar Internet

Dahlan Iskan, mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara.
Sumber :
  • VIVANews/Nurcholios Anhari Lubis

VIVAnews- Menteri BUMN Dahlan Iskan menilai proyek pembangunan jaringan serat optik nasional atau dikenal dengan Palapa Ring oleh PT Telkom (Persero) Tbk merupakan revolusi besar terhadap jaringan internet di Indonesia. Terlebih karena proyek itu tidak memakan biaya besar.

Ia menjelaskan proyek serat optik itu telah terpasang di Jawa-Bali-Lombok-Sumbawa-Nusa Tenggara Timur dan Jawa-Kalimantan-Sulawesi. "Yang belum itu tinggal Menado-Maluku-Papua tapi sudah ada programnya," kata Dahlan saat berkunjung ke redaksi VIVAnews.com, Senin 14 November 2011.

Ia optimis proyek pembangunan kabel serat optik sepanjang 57.000 kilometer ini selesai pada 2013. Alasannya, pertama, karena jalur kabel serat optik telah ada dan tidak perlu membuat jalur baru. Kedua, menggelar kabel fiber optic tidak memerlukan uang. "Karena kabel lama yang terbuat dari tembaga jika dicabut dan dijual kilo-an masih lebih mahal dibanding membeli kabel serat optik baru," tambahnya.

Penggantian kabel analog yang terbuat dari tembaga menjadi kabel serat optik, termasuk fixed line merupakan revolusi besar-besaran yang dilakukan Telkom untuk membangun infrastruktur internet. Teknologi ini juga diharapkan dapat menurunkan biaya masyarakat untuk mengakses internet.

Menurutnya adanya infrastruktur serat optik ini akan mendekatkan masyarakat dengan internet. Namun Dahlan belum mengetahui apakah pemasangan kabel optik itu akan meningkatkan penetrasi internet di Indonesia.

Seperti diketahui Palapa Ring adalah suatu proyek pembangunan jaringan serat optik nasional yang akan menjangkau 33 provinsi, 440 kabupaten kota di seluruh Indonesia dengan total panjang kabel laut mencapai 35.280 kilometer dan 21.807 kilometer kabel di daratan.

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng
Timnas Indonesia

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23. Itu setelah mengalahkan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar Jumat dini har

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024