Satu Kartu e-Money untuk Semua Transaksi

Ilustrasi Transaksi Kartu Kredit
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Deputi Gubernur Bank Indonesia Ardhayadi mengatakan, seluruh transaksi yang menggunakan uang elektronik (e-money) akan terkoneksi menjadi satu kartu. Transaksi e-money seperti e-toll hingga pembayaran tiket KRL hanya menggunakan satu kartu pada 2013.

"Tahun 2012, kami akan susun standar aturan penggunaan e-money. Pada 2013, seluruh transaksi e-money akan terkoneksi, sehingga hanya menggunakan satu kartu," kata Ardhayadi di gedung Bank Indonesia Jakarta, Senin 14 November 2011.

Menurut dia, dengan meningkatnya pengguna e-money, maka BI akan meningkatkan perlindungan para nasabah. Otoritas perbankan juga akan membuat regulasi untuk melindungi keamanan nasabah.

"BI melihat penggunaan e-money ini efisien bagi pengguna. Hal ini penting, sehingga ke depan e-money itu bisa digunakan di mana saja, baik di dalam maupun luar negeri,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirjen Sumber Daya Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, Budi Setyawan, menuturkan, adanya kerja sama dengan Bank Indonesia, maka penggunaan e-money akan terus meningkat. Masyarakat juga semakin banyak menggunakan e-money.

"Misalnya saja masyarakat membeli nada dering (ring back tone) menggunakan pulsa, itu adalah contoh e-money,” ujarnya.

Sekadar informasi, saat ini beberapa negara tetangga sudah sukses menerapkan e-money seperti Malaysia, Singapura, dan Hong Kong. (art)

Apple Plans to Launch Foldable Devices in 2025 and 2026
WhatsApp.

Trik Segel Pesan WhatsApp Tanpa Blokir, yang Lagi Marahan sama Pacar Harus Baca

Meski memberikan banyak fitur yang bermanfaat, namun terkadang, kita berada di kondisi merasa terganggu apabila dikirimi pesan dari nomor WhatsApp seseorang.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024