Menkes Bantah Atlet SEA Games Keracunan

Logo SEA Games 2011
Sumber :
  • SEAG 2011

VIVAnews - Menteri Kesehatan Endang Rahayu membantah penyakit yang menimpa sejumlah atlet asing selama SEA Games disebabkan keracunan makanan. Dia mengatakan dalam penyelenggaraan pesta olahraga ini, makanan yang disediakan untuk para atlet telah diperiksa oleh ahli gizi.

"Saya kira tidak (keracunan) begitu ya. Kalau diare tidak hanya karena ada masalah dalam makanan, tapi justru ada masalah dari orang itu cocok atau tidak makanannya. Itu atlet kan banyak yang dari luar negeri," kata Endang Rahayu saat ditemui di Istana Wakil Presiden, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin, 14 November 2011. "Saya belum dapat laporan apa betul itu kasus keracunan," imbuhnya.

Endang menjelaskan gejala penyakit yang disebabkan oleh keracunan dengan kontaminasi bisa saja sama. Namun, kedua jenis penyakit tersebut tentu saja berbeda. "Nanti Saya akan cek penyebabnya itu apa, karena gejalanya bisa sama seperti diare dan muntah," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya,  pemain Timnas sepakbola Malaysia, Izzaq Faris Ramlan, mengalami diare sebelum bertanding melawan Singapura, Senin 7 November 2011. Pelatih Malaysia, Ong Kim Swee menduga penyakit ini disebabkan Ramlan telah mengkonsumsi makanan yang tercemar.

Namun Kim Swee belum bisa memastikan sumbernya, karena para pemain lainnya juga mengambil makanan di tempat yang sama dengan Ramlan.

Kim Swee mengaku sudah memprotes pihak manajamen maupun penyelenggara SEA Games 2011 (Inasoc). Tak hanya sekali, Kim Swee beberapa kali mengingatkan pihak manajamen untuk memperhatikan makanan para atletnya.

Kasus yang sama juga dialami oleh tiga pemain Singapura. Mereka adalah Khairul Nizam, Firdaus Kasman, dan Shahdan Sulaiman. Setelah bertanding lawan Malaysia, Shahdan mengaku muntah-muntah dan diare sepanjang malam. (umi)

Iran Serang Israel, Ini Imbauan KBRI Teheran pada WNI
Suzuki Access 125 2024

Suzuki Access 125 Facelift Bakal Meluncur dengan Gaya Skutik Italia

Maruti atau Suzuki India sedang melakukan test jalan sebuah skutik, yang diduga merupakan Suzuki Access 125 facelift. Terlihat motor ini memiliki bodi desain skutik itali

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024