15-11-2002: Hu Jintao Memimpin China

Hu Jintao
Sumber :
  • REUTERS/Jim Bourg

VIVAnews - Tepat sembilan tahun lalu, Hu Jintao diangkat menjadi Sekretaris Jenderal Partai Komunis, yang merupakan posisi puncak dalam dunia politik di China. Tak lama setelah diangkat menjadi Sekjen Partai Komunis, Hu dilantik menjadi presiden China, menggantikan era Jiang Zemin.

Karir politik Hu Jintao dimulai sejak ia bergabung dengan Partai Komunis pada tahun 1964. Pada tahun 1980, Hu terpilih sebagai salah satu kader muda Komunis yang akan dididik menjadi pemimpin masa depan Cina.

Harga Emas Hari Ini 26 April 2024: Global Anjlok, Antam Stagnan

Setahun kemudian, Hu Jintao mulai menjalani serangkaian pelatihan di Beijing. Pada tahun 1982, ia diangkat menjadi sekretaris Komite Pusat Liga Pemuda Komunis.

Dua tahun kemudian Hu dipromosikan sebagai Sekretaris Pertama organisasi tersebut. Pada tahun 1992, Hu diangkat oleh Deng Xiaoping sebagai pemimpin Biro Politik Komite Pusat

Pada tahun 2002, seluruh pemimpin senior Cina di Komite Pusat mengundurkan diri, menjadikan Hu satu-satunya calon kuat pemimpin baru Cina.

Dua WNI Batal Terbang ke Paris Akibat Boarding Pass dan Visa Tertukar, Kinerja Kedutaan Disorot

Di tahun yang sama, Hu diangkat sebagai Sekjen Komite Pusat Partai Komunis Cina.  Setahun kemudian, Hu Jintao dinobatkan sebagai presiden Cina menggantikan Jiang Zemin.

Hu telah memimpin China selama sepuluh tahun. Dia dan pimpinan lain China, termasuk Perdana Menteri Wen Jiabao, direncanakan akan pensiun pada 2012.

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya
Kapolres Metro Depok Kombes Arya Perdana

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP

Polres Metro Depok menangkap dua pelaku pembegalan terhadap siswa SMPN 2 Depok yang terjadi pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024