Tiga Kontrak Blok Migas Dihentikan

Proyek pengeboran migas Lengowangi 2 (SP/Asepta Y.P. )
Sumber :
  • Surabaya Post/Asepta Y.P.

VIVAnews - Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) telah melakukan terminasi tiga blok migas. Sebab, blok-blok tersebut ternyata tidak mempunyai cadangan minyak dan gas bumi.

Kepala Divisi Humas Sekuriti dan Formalitas BP Migas, Gde Pradnyana, menuturkan, ketiga blok tersebut adalah Blok Bawean di Jawa Timur yang dikelola Husky Oil East Bawean, Blok Asmat di Papua yang dikelola Indonesia Papua Petroleum (Inparol), dan Blok Yapen di lepas pantai barat Papua yang dikelola Nation Petroleum.

Kontrak eksplorasi ketiga blok tersebut harus diterminasi, karena sudah enam tahun masa eksplorasi tidak ditemukan cadangan minyak dan gas bumi.

"Sudah enam tahun dilakukan eksplorasi dan ternyata tidak ada cadangan minyak ataupun gas di dalamnya. Makanya, dikembalikan kepada pemerintah," ungkap Gde di Jakarta, Rabu 16 November 2011.

Menurut Gde, ketiga kontraktor migas itu telah mengeluarkan investasi sebesar US$1,2 miliar untuk eksplorasi di ketiga blok tersebut. Dana investasi sebesar itu tidak akan diganti pemerintah melalui skema cost recovery, karena tidak ada penemuan cadangan migas.

MK Sudah Putuskan, Dave Laksono Minta Tak Ada Lagi Tuduhan Politisasi Bansos

"Itu memang hilang, karena tidak ada discovery sama sekali dan itu
memang sudah risiko mereka," katanya. (art)

VIVA Militer: Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar

Tentara Amerika Ditemukan Meninggal Dunia Saat Survey Medan Latihan di Karawang

Tentara Amerika Serikat yang meninggal dunia adalah Mayor WW

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024