Triyaningsih: Saya Lari 210 Km Tiap Pekan

Triyaningsih
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Asia Tenggara kembali ditaklukkan atlet Indonesia, Triyaningsih, lewat SEA Games XXVI. Pelari kelahiran Salatiga tersebut mengungkapkan kunci suksesnya bisa menyabet tiga emas.

Hanya dalam kurun waktu enam hari, Triyaningsih sukses menyabet tiga emas di nomor bergengsi cabang atletik. Setelah tidak terkejar di nomor 10.000 meter pada 12 November, Triyaningsih menyabet emas nomor 5.000 meter pada 14 November.

Yang terakhir atlet yang berkuliah di STIE Salatiga tersebut menyabet medali emas nomor maraton pada 16 November. Ini adalah kali pertama Triyaningsih sukses hattrick emas dalam satu ajang SEA Games.

Perjuangan Triyaningsih untuk menjadi yang terbaik di tiga nomor tersebut sangatlah luar biasa. Pasalnya, pelari mungil tersebut sempat mengalami cedera kaki kanan usai memenangkan nomor 10.000.

Cedera itu semakin mempengaruhi penampilan Triyaningsih saat merebut medali emas nomor 5.000 meter. Meski begitu, atlet kelahiran 15 Mei 1987 tersebut tidak mau berhenti. Bahkan Triyaningsih sempat meminta awak media untuk memberitakan cedera yang dialaminya.

Pengorbanan Triyaningsih berbuah hasil. Adik kandung pelari legendaris Indonesia, Ruwiyati, tersebut sukses menyabet emas ketiganya di SEA Games 2011 dari nomor maraton.

"Ini cedera sudah muncul saat persiapan mau tampil di 5.000 meter. Agak nyeri kaki kanan aku. Tadi aku tahan saja meski nyeri. Aku tak mau bilang cedera saat itu karena tidak ingin lawan tahu. Aku optimistis saja, ini juga karena doa-doa orang semua. Aku tidak tahu doa siapa yang didengar Tuhan," ujar Triyaningsih kepada VIVAnews.com.

Selanjutnya Triyaningsih membeberkan sejumlah kunci suksesnya dalam dunia atletik. Atlet yang tercatat sebagai salah satu pegawai di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tersebut mengaku memiliki pola latihan yang teratur.

"Persiapan sebelumnya aku latihan lari 210 km per minggu, atau minimal dalam satu hari berlari dengan jarak 30 km. Tapi nggak setiap hari melakukan jarak jauh itu karena pasti jenuh," papar

Soal pola makan, Triyaningsih mengaku tidak mengkonsumsi makanan berminyak, daging dan minum es. "Aku mengkonsumsi ikan dan makan beras merah," pungkas Triyaningsih.

Setelah SEA Games 2011, Triyaningsih berambisi tampil di Olimpiade untuk kali pertama. "Aku ingin tampil di Olimpiade 2012 di London. Setelah pulih sepenuhnya, aku mau tampil di sejumlah turnamen untuk mendapatkan limit tampil di Olimpiade," papar Triyaningsih.

5 Film Romantis Berlatar Perang Dunia II, Kisah Cinta di Tengah Kekacauan
Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY Wanti-wanti Prabowo Usai Bertemu Cak Imin

Ketua Umum Partai Demokrat AHY merespons pertemuan Prabowo Subianto dengan Cak Imin di kantor DPP PKB, Rabu. AHY memberikan peringatan ke Prabowo

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024