Mulyono: Anas Minta Saya Bantu Hambalang

Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, disebutkan pernah meminta tolong kadernya di Komisi II DPR, Ignatius Mulyono, untuk mengurus proyek Hambalang.  Ignatius diminta untuk melobi Badan Pertanahan Nasional untuk menyelesaikan tanah Hambalang.

"Ya, saya diminta bantuan untuk menguruskan tanah Pak Menpora. Karena kebetulan mitra kerja Komisi II adalah BPN," kata Ignatius saat dihubungi VIVAnews.com, Kamis 17 November 2011.

Menurutnya, permintaan itu disampaikan langsung oleh Anas yang saat itu masih duduk sebagai Ketua Fraksi Demokrat dalam sebuah pertemuan. Pertemuan itu digelar di ruangan Ketua Fraksi. "Saat itu ada Pak Nazaruddin juga, dan Pak Nazar juga meminta hal yang sama kepada saya," ujarnya.

Ignatius menjelaskan, dirinya langsung menanyakan kepada Ketua BPN Joyo Winoto mengenai tanah di Hambalang tersebut. "Dia bilang, tanahnya sedang diproses. Dan saya bilang, kalau sudah selesai saya minta diberi tahu," ujarnya.

Ignatius membantah, ada pembicaraan mengenai uang atau imbalan. "Tidak ada sama sekali, super tidak ada," tegasnya.

VIVANews sudah menelepon Anas untuk mengkonfirmasi keterangan Ignatius Mulyono itu, tapi telepon selulernya mati. Pesan pendek yang dikirimkan juga belum berbalas.

Indonesia Wins Two Champion Titles at 2024 All England

Dihubungi terpisah, kuasa hukum Anas Urbaningrum, Patra M Zein, mengaku tidak tahu adanya pertemuan itu. "Kalaupun ada, tentu dilihat dulu apa substansinya," kata Patra saat dihubungi VIVAnews.

Proyek pembangunan Stadion Hambalang di Sentul, Jawa Barat dilaksanakan oleh PT Adhi Karya sejak 2010. Adhi Karya bekerjasama dengan PT Wijaya Karya dengan komposisi pengerjaan masing-masing berbanding 70 persen dan 30 persen.

Muncul adanya dugaan proyek ini setelah bekas Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazarudin menyebar tudingan adanya permainan anggaran. Nazarudin mengatakan, sekitar Rp50 Milyar dari dana proyek itu mengalir ke Kongres Partai Demokrat tahun lalu. Petinggi Partai Demokrat membantah keras dan juga Anas sudah berkali-kali membantah tuduhan itu.

Taksi Terbang

Pemerintah Ingin Taksi Terbang Meluncur dalam 2 Tahun

Taksi terbang pertama bisa lepas landas di Inggris tahun 2026 dan menjadi pemandangan biasa di langit dua tahun setelahnya, jika pengumuman pemerintah berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024