Siman Sudartawa Korbankan Sekolah Demi 3 Emas

I Gede Siman Sudartawa
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Totalitas I Gede Siman Sudartawa terhadap dunia renang patut diacungi jempol. Di usia yang masih sangat muda, Siman berani mengambil keputusan berkarir di renang dan meninggalkan bangku sekolah.

Raja Nomor Punggung. Julukan itu pantas disematkan kepada Siman setelah menjuarai tiga nomor gaya punggung pada SEA Games XXVI. Terakhir, Rabu 16 November 2011, Siman sukses menjadi yang tercepat pada nomor 50 meter gaya punggung.

Langkah Siman untuk menjadi salah satu perenang andal Indonesia tidaklah mudah. Sempat ganti spesialisasi dari nomor kupu-kupu ke punggung, perenang keturunan Bali asal Pekanbaru ini sampai-sampai harus melakukan home schooling.

"Selama ini aku home schooling. Paginya latihan renang, setelah itu baru sekolah. Ini jalan yang aku pilih, jadi ya, jalanin aja. Orangtua aku pesan untuk fokus satu-satu. Kalau renang, fokus renang dulu, baru sekolah," ujar Siman.

Sebelumnya perenang kelahiran 8 September 1994 tersebut meraih medali emas pada nomor 200 meter gaya punggung, dan memecahkan rekor SEA Games nomor 100 meter gaya punggung dengan catatan waktu 55,59 detik. Rekor sebelumnya dibuat perenang Malaysia, Lim Keng List, dengan catatan waktu 55,82 detik pada 2001 silam.

Prestasi yang diukir Siman terbilang mengejutkan di kolam renang Jakabaring Sport City, Palembang. Padahal, selama ini yang diandalkan adalah Glen Victor Susanto.

Tiga emas Siman ditambah dua emas Indra Gunawan di gaya dada putra menjadi kebangkitan renang Indonesia. Renang putri juga mulai bangkit berkat pemecahan rekor SEA Games Yossi Yosaputra di nomor 200 meter gaya punggung.

Jadwal latihan dan pertandingan yang padat juga membuat perenang pengidola Ryan Lochte ini tidak memiliki banyak waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Boleh dibilang, Siman yang baru berusia 17 tahun juga mengorbankan masa mudanya.

"Paling main dengan teman sekolam saja. Biasanya aku kalau di luar renang hobinya baca-baca. Baca buku komik," ujar atlet yang memulai berenang sejak kelas 2 SD tersebut.

10 Jam Berlakukan One Way Jalur Puncak, Polisi Klaim Kendaraan Arah Jakarta Ramai Lancar

Tiga emas dari kolam renang membuat Siman masuk bursa atlet terbaik SEA Games 2011. Dari Indonesia, peraih tiga emas lainnya yakni dari cabang atletik: Triyaningsih dan Franklin Ramses Burumi.

Kapolsek panongan iptu hotma manurung saat berikan keterangan pers

Kepepet Lebaran, Pria Paruh Baya Gasak Rp 5 Juta dari Jasa Tukar Uang Baru Keliling

Pria berusia 46 tahun diamankan anggota Polres Metro Tangerang Kota, usai melakukan pencurian di jasa tukar uang baru kawasan Citra Raya, Panongan, Kabupaten Tangerang.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024