Ribuan Pelancong Sambangi ASEAN Fair

Presiden SBY di podium ASEAN Fair, Bali.
Sumber :
  • Rumgapres/Abror Rizki

VIVAnews - Walau baru digelar selama dua pekan, ASEAN Fair yang dilaksanakan di Pulau Peninsula, Nusa Dua mampu menarik 40 ribu wisatawan. Sebanyak 30 persen dari jumlah pengunjung merupakan pelancong asing dan sisanya dari dalam negeri.

Dengan besarnya animo masyarakat memadati gelaran ASEAN Fair tersebut, nila traksaksi ikut terdongkrak. Sejak tanggal 1 hingga 14 November 2011, ASEAN Fair membukukan transaksi sebesar Rp300 juta.

"Sekarang ada sedikit kendala, karena sedang ada summit, jadi kawasan Nusa Dua tertutup untuk umum," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu dalam keterangan resminya, di Nusa Dua, Bali, Kamis, 17 November 2011.

Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini

Mari Elka mengungkapkan, sebelum gelaran KTT ASEAN dimulai, kunjungan wisatawan yang mendatangi arena ASEAN Fair bisa mencapai 4 ribu hingga 5 ribu orang per hari.

Kendati terkendala akses, Mari Elka berharap jumlah pengunjung ASEAN Fair akan bertambah seiring banyaknya delegasi yang menghadiri pertemuan para pemimpin ASEAN dan negara-negara tamu lainnya. "Sebab, jumlah kunjungan ke ASEAN Fair kami anggap tak terlalu maksimal. ASEAN Fair tak sekadar transaksi, tapi juga ajang menjelaskan nilai budaya ASEAN melalui berbagai produk dan karya yang ditampilkan," tutur Mari.

Selain perdagangan, pemerintah juga mendorong industri kreatif lainnya seperti industri musik dan film untuk unjuk gigi dalam rangkaian acara ASEAN Fair. "Sekarang sedang ada pemutaran film. Setiap hari ada 10 film terbaik di ASEAN yang diputar. Siapa tahu kita bisa merintis kerja sama ASEAN di bidang film," imbuhnya.

Sementara itu, Dirjen Pengembangan Ekspor Kementerian Perdagangan, Hesti Endah Kresnarini mengaku, meski nilai transaksi masih terbilang kecil, sudah ada kontak dagang yang terjalin. "Sudah ada penjajakan untuk melakukan kerja sama," kata Hesti. (Laporan: Bobby Andalan| Bali, art)

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi
KCIC memberikan kompensasi ke penumpang Whoosh.

KCIC Minta Maaf Kecepatan Whoosh Dikurangi karena Hujan Deras

PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memohon maag atas terkait keterlambatan perjalanan kereta cepat Whoosh sore tadi. KCIC pun memberikan kompensasi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024