Fraksi PAN Undang 8 Calon Pimpinan KPK

Wakil Ketua DPR dari PAN, Taufik Kurniawan
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews – Pekan depan, Komisi Hukum DPR akan menggelar uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) calon pimpinan KPK. Sebelum fit and proper test digelar, Fraksi PAN rupanya ingin melakukan penjajakan awal terhadap calon-calon pemimpin KPK itu.

Untuk itu, Fraksi Partai Amanat Nasional hari ini mengundang kedelapan calon pimpinan KPK untuk memaparkan visi dan misi mereka di DPR. ‘Pemanasan’ jelang fit and proper test digelar di Operation Room, Gedung Nusantara II DPR.

Sekretaris Jenderal PAN, Taufik Kurniawan, menyatakan bahwa fraksinya ingin mengenal lebih jauh para calon pimpinan KPK itu. “Diskusi siang ini tentu untuk penjajakan. Dalam hal ini, dari segi peluang, semua capim KPK punya peluang yang sama,” kata Taufik di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 17 November 2011.

Taufik mengemukakan harapan PAN kepada para capim KPK. “PAN berharap betul, siapapun pimpinan KPK ke depan, dia harus berani mengungkapkan hal-hal yang menjadi sorotan publik, salah satunya terkait kasus Century,” ujarnya.

Menurut Taufik, posisi pimpinan KPK sangat strategis ke depannya, karena peran KPK sangat dinanti publik untuk menyelesaikan kasus Century. Apalagi, imbuhnya, minggu-minggu ini adalah masa menjelang berakhirnya tenggat waktu kinerja Tim Pengawas Century DPR RI.

“Kalau tidak disikapi serius, transparan, dan akuntabel, tentunya ini akan memungkinkan terjadinya perubahan dinamika politik,” tutur Taufik. Sebelumnya, Fraksi Partai Persatuan Pembangunan juga pernah mengundang para capim KPK untuk berdialog.

Kedelapan calon pimpinan KPK yang akan segera mengikuti fit and proper test adalah Bambang Widjojanto, Yunus Hussein, Abdullah Hehamahua, Handoyo, Abraham, Zulkarnaen, Adnan Pandu Pradja, dan Ariyanto Sutadi. (eh)

Kombes Gidion: Penganiayaan Senior kepada Junior Taruna STIP Dianggap Tradisi
Indonesian Vice President Maruf Amin

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Timnas Indonesia U-23 Raih Tiket Olimpiade Paris

Wapres Ma'ruf Amin Dorong Timnas Indonesia U-23 Raih Tiket Olimpiade Paris 2024. Indonesia masih punya kesempatan playoff melawan Timnas Guinea.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024