Pertamina Siap Beli Gas Tangguh Lebih Mahal

Produksi Gas PT.Badak
Sumber :
  • Antara/Prasetyo Utomo

VIVAnews - PT Pertamina (Persero) mengincar 1,5 juta juta metrik ton gas yang selama ini dikirim dari LNG Tangguh ke Fujian. Pertamina bahkan sanggup membayar tiga kali lipat dari harga yang dijual pemerintah ke China yang hanya US$3,35 per mmbtu.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Mochamad Harun memberanikan diri meminta pemerintah merenegosias kontrak jual beli gas LNG Tangguh ke Fujian. Seperti diketahui, Pemerintah mengekspor LNG ke Fujian sebesar 2,6 juta metrik ton per tahun.

"Pertamina berani membeli dengan harga tiga kali lipat dari Fujian dan ini diharapkan membantu nilai keekonomian Tangguh," kata Harun di Jakarta, Kamis 17 November 2011.

Saat ini Pertamina telah membuka komunikasi secara terintegrasi kepada Pemerintah dan BP Migas. Pasokan gas dari LNG Tangguh ini diharapkan dapat memenuhi kekurangan pasokan gas untuk Floating Storage Regasification Unit (FSRU) di Teluk Jakarta yang diperkirakan selesai Maret 2012.

FSRU Teluk Jakarta nantinya berkapasitas 3 juta metrik ton dan Saat ini Pertamina baru mendapatkan komitmen dari LNG Bontang sebesar 1,5 juta metrik ton. "Sehingga masih kurang 1,5 juta metrik ton lagi," katanya.

Pertamina berharap mendapat respons bagus dari pemerintah dan BP Migas, sehingga renegosiasi kontrak gas ke Fujian berhasil. Nantinya seluruh gas yang ada di FSRU akan dialokasikan paling besar ke PLN dan industri-industri di sekitarnya.

"Kalau dapat full, bisa meringankan beban subsidi listrik PLN juga mengganti minyak dengan gas," katanya.

Pembangunan FSRU hingga saat ini sudah 80 persen. Pada akhir Januari 2012 diharapkan seluruh pembangunan fasilitas telah selesai dan akan diujicoba selama Februari, sehingga pada Maret 2012 diharapkan sudah dapat beroperasi. (adi)

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024