Erafone Tawarkan Saham Rp1.000-1.440

Tukar tambah ponsel jadi BlackBerry di Mega Bazaar Computer 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Muhammad Chandrataruna

VIVAnews - PT Erajaya Swasembada Tbk, pengelola gerai Erafone, distributor produk telepon seluler, menetapkan kisaran harga perdana saham sebesar Rp1.000-1.440 per unit. Perseroan berencana menawarkan saham perdana (initial public offering/IPO) pada awal Desember 2011.

"Prospek industri seluler di Indonesia masih sangat bagus. Jumlah pengguna ponsel terus tumbuh," kata Direktur Utama Erajaya Swasembada, Budiarto Halim, usai due diligence meeting dan paparan publik di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis, 17 November 2011.

Perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan ritel produk dan jasa untuk perangkat komunikasi mobile ini akan melepas 1,32 miliar saham. Jumlah itu setara 40 persen dari jumlah saham yang ditempatkan pada perseroan.

Target dana IPO sekitar US$150-200 juta atau setara Rp1,35-1,8 triliun. Sekitar 42 persen dari dana IPO akan digunakan untuk pelunasan promissory notes yang telah diterbitkan terkait akuisisi PT Teletama Artha Mandiri. Selanjutnya, sebesar 16 persen untuk ekspansi bisnis dan sisanya 42 persen bagi modal kerja.

Sementara itu, terkait IPO tersebut, perusahaan mempercayakan penjamin pelaksana emisi dan joint bookrunners adalah PT Buana Capital. Credit Suisse Singapore Ltd dan JP Morgan Securities Ltd bertindak sebagai global coordinators, joint bookrunners, dan international selling agents.

Perseroan mencatatkan pertumbuhan pendapatan tahunan rata-rata (compound annual growth rate/CAGR) sebesar 17 persen dari 2008 hingga 2010 dengan pendapatan pada akhir tahun lalu Rp6,14 triliun.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Selain itu, kenaikan pendapatan dan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) masing-masing menjadi Rp3,2 triliun dan Rp164,2 miliar untuk periode enam bulan yang berakhir pada 30 Juni 2011.

Perseroan berharap mendapatkan pernyataan efektif dari Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) pada 6 Desember 2011. Erafone akan roadshow ke Singapura, Hong Kong, London, dan New York.

Sementara itu, masa penawaran umum dijadwalkan pada 8-9 Desember dan pencatatan perdana di BEI pada 14 Desember 2011.

Sebagai distributor dan penjual ritel untuk perangkat komunikasi, Erafone memiliki pangsa pasar 24 persen pada 2010 berdasarkan besarnya pendapatan. Perusahaan memiliki 70 pusat distribusi, 236 toko ritel, pusat servis, dan bekerja sama dengan lebih dari 16.000 toko ritel independen.

Viral Jambret Bawa Kabur Mobil Patroli Polisi di Jaksel, Begini Kronologinya
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024