Seleksi Pimpinan KPK

Zulkarnaen: Korupsi Meluas dan Bertambah

Seleksi Calon Pimpinan KPK
Sumber :
  • Antara/Fanny Octavianus

VIVAnews - Capim KPK, Zulkarnaen, menilai tindak pidana korupsi telah meluas dan meningkat kasusnya dari tahun ke tahun. Selain itu jumlah kerugian negara pun kian besar.

"Makin sistematis dan ruang lingkupnya telah memasuki seluruh aspek kehidupan masyarakat," ujar Zulkarnaen dalam diskusi Fraksi PAN bertajuk 'KPK baru, Indonesia baru' di DPR RI, Jakarta, Kamis 17 November 2011.

Oleh karena itu, menurut Zulkarnaen, KPK mesti mampu bersinergi dengan lembaga penegak hukum lain agar dapat melakukan pemberantasan korupsi secara efisien. "KPK dibentuk karena Kepolisian dan Kejaksaan belum bisa lakukan tugas itu secara maksimal," kata Zulkarnaen.

Selain itu, Zulkarnaen menambahkan, KPK juga harus meningkatkan kualitas dan kapasitas SDM-nya. Hal ini demi penanganan kasus yang efektif serta upaya mendorong percepatan reformasi pada semua lembaga negara.

"Mencegah korupsi harus riil dan konkrit di semua lini sebab ini menular," kata Zulkarnaen. (umi)

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono
Presiden RI terpilih Prabowo Subianto menghadiri acara ulang tahun adik Tien Suharto, Siti Hardjanti Wismoyo di Gedung Perwayangan TMII, Jakarta Timur, Kamis, 25 April 2024

Resmi Jadi Presiden Terpilih, Prabowo Tak Akan Mundur dari Jabatan Menhan

Setelah ditetapkan sebagai presiden RI terpilih periode 2024-2029 Prabowo dipastikan tidak akan mundur dari jabatannya saat ini selaku Menteri Pertahanan RI.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024