RD: Kami Akan Perbaiki di Semifinal

Rahmad Darmawan dan pemain Timnas U-23
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Pelatih timnas U-23, Rahmad Darmawan (RD) tidak terlalu mempersoalkan kekalahan timnya atas Malaysia tadi. Mantan pelatih Persija Jakarta tersebut menganggap kekalahan tipis 0-1 dari tim Harimau Malaya, Kamis, 17 November 2011 merupakan pukulan untuk membuat anak asuhnya kembali bangkit dan termotivasi.

"Selamat untuk Malaysia karena hari ini mereka bisa memenangkan pertandingan. Saya juga berterima kasih untuk kerja keras pemain-pemain saya. Mereka mengawali permainan yang sulit di babak pertama, tapi mampu memperbaiki kerja, menciptakan lima peluang meskipun tak satu pun menghasilkan gol. Kami sudah maksimal hari ini," ujar Rahmad usai pertandingan.

Bertanding tanpa sejumlah pemain pilar yang biasa dimaninkan, Rahmad mengakui kondisi permainan timnya sangat buruk di awal babak pertama. Rotasi pemain serta beberapa perubahan strategi yang dirancangnya sebelum pertandingan, diakuinya tak bisa berkembang di awal pertandingan. Bahkan, Malaysia yang sempat mendapat kesempatan untuk menyerang balik malah bisa memanfaatkan dengan baik hingga berbuah gol.

"Memang beberapa pemain tidak saya mainkan. Itu proses rotasi yang harus saya lakukan untuk mempersiapkan pertandingan berikutnya. Kami kecolongan gol di babak pertama. Anak-anak terlambat mengantisipasi sebuah skema serangan yang dibangun Malaysia, dan mereka mampu memanfaatkan peluang menjadi gol," jelas RD.

Kendati kecewa dengan kekalahan tersebut, namun RD tidak mau membebani skuadnya dengan hasil buruk itu. Pelatih yang disebut bakal menggusur posisi Wim Rijsbergen di timnas senior tersebut menekankan pada pemainnya, pertandingan yang jauh lebih penting bakal mereka hadapi di babak semifinal.

"Pertandingan hari ini penting, tapi pertandingan tanggal 19 (semifinal) amat sangat penting. Itu saya sampaikan pada mereka. Saya tahu mungkin mereka kecewa. Tapi mudah-mudahan kekecewaaan itu akan bisa kami obati. Saya berterimakasih pada penonon yang luar biasa mendukung kami. Mohon maaf bila ekspektasi mereka tidak bisa dijawab dengan hasil yang bagus. Kami akan perbaiki di semifinal nanti," janji RD.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016