Pansus DPR Jamin Rapat Molor Tak Terulang

Penutupan masa sidang III Paripurna DPR
Sumber :
  • Antara/Ismar Patrizki

VIVAnews – Wakil Ketua Pansus RUU Pemilu, Taufik Hidayat, berjanji Pansus tak akan terlambat lagi dalam menggelar rapat. Menurutnya, peristiwa molornya rapat Pansus dengan para pemimpin media, Kamis 17 November 2011 kemarin, adalah pelajaran berharga bagi anggota Pansus.

“Itu betul-betul pelajaran bagi kami,” kata Taufik kepada VIVAnews, Jumat 18 November 2011. Seperti diketahui, rapat Pansus RUU Pemilu dengan para pemimpin media cetak yang dijadwalkan berlangsung pagi kemarin, akhirnya batal karena rapat tidak juga dimulai, sehingga pemimpin-pemimpin media cetak sebagai pihak yang diundang, memilih untuk meninggalkan DPR.

“Saya jamin, hal itu tidak akan terjadi lagi di Pansus RUU Pemilu,” tegas Taufik. Politisi Golkar itu menyatakan, memang perlu ada evaluasi dan perubahan sistemik atas penjadwalan rapat-rapat di DPR, sehingga agenda-agenda penting tidak saling bertubrukan, sehingga malah merugikan semua pihak.

Taufik menjelaskan, masa sidang DPR yang pendek kali ini, menjadi salah satu alasan menumpuknya jadwal rapat di DPR. Satu orang anggota DPR, bisa saja harus mengikuti dua rapat di waktu yang sama. “Soal jadwal ini memang problem, karena pansus-pansus lain juga punya target selesaikan legislasi masing-masing. Jadi jadwal kerap bentrok,” terang Taufik.

Terkait pendeknya masa sidang ini pula, Pansus RUU Pemilu membutuhkan penambahan satu kali masa sidang, sehingga penyusunan UU Pemilu baru bisa dirampungkan pada Februari atau Maret 2012 mendatang. “Kalau menurut aturan yang ada, mestinya selesai pada dua kali mas sidang, jadi akhir Desember 2011 ini. Tapi karena Pansus dibentuk pada dua masa sidang yang pendek, maka menurut ketentuan DPR, diperbolehkan menambah satu kali masa sidang,” papar Taufik.

Bila perlu, kata Taufik, Pansus akan bekerja pada masa reses yang jatuh pada akhir Desember 2011 ini, agar penyusunan UU Pemilu dapat segera selesai. “Jadi tergantung kebutuhan saja. Kalau dibutuhkan, kami bisa bekerja pada masa reses. Tentu dengan melihat perkembangan yang ada,” kata Taufik.

Sejauh ini, masih banyak hal-hal krusial dalam revisi UU Pemilu yang belum dirampungkan, misalnya terkait penentuan angka ambang parlemen, kursi daerah pemilihan, dan pengaturan penggunaan media untuk kampanye politik. Rapat dengan pemimpin media cetak yang batal digelar kemarin, imbuh Taufik, sedianya akan membahas soal pengaturan iklan politik, dan peran media sebagai institusi penyuara kepentingan publik.

Harus Responsif Layani Jemaah, Kinerja Petugas Haji Dituntut Makin Profesional
Mobil SIM Keliling

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 8 Mei 2024

Dilansir dari laman Korlantas Polri Rabu 8 Mei 2024 bagi yang ada di wilayah Jakarta Pusat bisa datang ke Kantor Pos Lapangan Banteng. Satu mobil SIM Keliling ada di wila

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024