Lifter Indonesia Kembali Pecahkan Rekor

Triyatno
Sumber :
  • VIVAnews/Haryanto Tri Wibowo

VIVAnews - Rekor dari cabang angkat besi kembali diciptakan lifter Indonesia. Kali ini giliran Triyatno yang meraih emas sekaligus memecahkan rekor kelas senior 69 kg putra di Dempo Hall Jakabaring, Palembang, Jumat 18 November 2011.

Triyatno sukses memecahkan rekor angkatan clean and jerk sebesar 180 kg atas namanya sendiri di SEA Games 2007. Lifter kelahiran 20 Desember 1987 tersebut kemudian menciptakan rekor 181 kg pada percobaan ketiga clean and jerk.

Sebenarnya Triyatno sudah mengamankan medali emas saat melakukan angkatan 176 kg, karena hanya lifter asal Myanmar, Ye Tun Naung, yang mendekati dengan angkatan 175 kg.

Namun, Triyatno tetap sukses melakukan angkatan 181 kg sekaligus memecahkan rekornya sendiri. Total lifter 23 tahun tersebut mengumpulkan total angkatan 321 kg. Medali perak menjadi milik lifter Indonesia lainnya, Dani, dengan total angkatan 310 kg. Perunggu direbut lifter Myanmar Kyaw Moe Win.

Kemenangan ini sangat memuaskan Triyatno, pasalnya beberapa pekan sebelum SEA Games 2011, prestasi Triyatno menurun pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2011 di Paris, Prancis.

"Saya membuktikan tidak hanya meraih emas, tapi tenaga saya masih ada. Prestasi saya sempat menurun pada Kejuaraan Dunia di Paris kemarin. Dari peringkat 4 di Turki pada 2010, saya turun ke posisi 22 di Paris," ujar Triyatno.

Ini adalah kali kedua lifter Indonesia memecahkan rekor di hari pertama pertandingan angkat besi SEA Games 2011. Sebelumnya lifter Eko Yuli Irawan juga memecahkan rekor di kelas 62 kg di SEA Games 2009 atas namanya sendiri.

Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju
Langit Yunani (Doc: X)

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Media sosial dibanjiri dengan gambar-gambar oanye langit di Ibu Kota Yunani yang membuat penduduk setempat dan wisatawan tercengang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024