Cacing Gelang Bisa Bikin Awet Muda

Cacing gelang.
Sumber :
  • inmagine.com

VIVAnews - Makin banyak cara untuk menjaga penampilan agar tetap terlihat awet muda di usia senja. Bukan hanya botoks, operasi plastik atau menjalani prosedur laser. Tapi, juga dengan memanfaatkan cacing gelang.

Seorang ahli biokimia asal San Fransisco, Amerika Serikat, kini sedang dalam proses pengembangan obat yang bisa memperlambat proses penuaan. Adalah Cynthia Kenyon dengan timnya dari Hillblom Center for the Biology of Aging, berhasil memperpanjang hidup cacing gelang sebanyak enam kali lipat.

Film 13 Bom Raih Penghargaan Internasional, Sutradara Angga Sasongko Bangga

Cacing gelang diketahui memiliki umur yang sangat pendek, yaitu hanya 10 hari dan mati dalam waktu dua minggu. Namun, Kenyon dan tim berhasil memperlambat proses penuaan cacing gelang hingga usianya bisa mencapai 84 hari.


Mereka melakukan manipulasi gen pada DNA cacing gelang, yang dikenal dengan nama daf-2. Ini mutasi gen yang sama dan ditemukan pada manusia yang usianya mencapai 100 tahun. Mutasi daf-2 bisa menjelaskan alasan mengapa beberapa hewan memiliki harapan hidup yang berbeda.

"Cacing gelang seharusnya mati beberapa waktu lalu. Tapi tidak mati, bahkan bergerak dan terlihat muda," kata Kenyong, seperti dikutip dari Daily Mail.

Nantinya, manipulasi gen pada cacing gelang, akan diolah menjadi obat awet muda. Kenyon mengklaim, obat ini akan tersedia dalam waktu 15 tahun mendatang.

Diserang Israel, Iran Pasang Pertahanan Udara di Beberapa Kota
Masyarakat Dubai Main Jetski Saat Banjir (Doc: TikTok)

Heboh Warga Dubai Asyik Main Jet Ski saat Kebanjiran, Warganet: Baru Mau Kirim Mi Instan

Meski dilanda banjir untuk pertama kalinya setelah 75 tahun, warga Dubai, khususnya di kawasan Al Barsha terlihat menikmati momen kebanjiran di wilayah tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024