Dahlan "Bersihkan" Tender Proyek Pemerintah

Dahlan Iskan saat berkunjung ke redaksi VIVAnews
Sumber :
  • VIVAnews/ Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan akan membersihkan tender-tender proyek di lingkungan Kementerian dan perusahaan BUMN.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga

Ia segera melakukan pembicaraan dengan kementerian dan perusahaan BUMN yang proyeknya dinilai masih tidak bersih.

Dahlan Iskan hari ini melakukan rapat dengan seluruh BUMN karya. Dalam rapat tersebut, ia menyebar kuesioner untuk mencari tahu apakah masih ada tender-tender yang tidak bersih. Dalam kuesioner tersebut terkuak bahwa masih ada beberapa tender yang masih banyak "diatur".

"Salah satu agendanya adalah bagaimana kita memulai hidup lebih bersih, bagaimana menciptakan tender-tender bersih," kata Dahlan Iskan di Jakarta, Senin 21 November 2011.

Menurutnya, BUMN karya tidak bisa disalahkan sepenuhnya untuk mengikuti tender yang telah 'diatur'. "Karena kalau tidak ikut, mereka tidak mendapatkan kerjaan," ujar Dahlan.

Dalam kuesinoer tersebut, ternyata masih ada beberapa kementerian yang tendernya diatur. Untuk itu, ia akan membicarakan langsung dengan menteri bersangkutan untuk mencari solusi agar tender di kementerian-kementerian bisa lebih bersih.

Selain itu, dari hasil kuesioner tersebut, juga terkuak bahwa tender-tender di perusahaan BUMN di semua sektor juga masih "diatur". Untuk itu, ia segera mencari jalan keluar agar tender-tender proyek perusahaan BUMN dapat lebih bersih seperti bagaimana menyusun dokumen tender dan bagaimana membuat rumusan tender.

"Untuk perusahaan BUMN, saya tidak sekedar menegur tapi juga mencarikan jalan keluar. Menegur saja tidak cukup, karena kalau sekedar menegur akan sekedar angin lalu," katanya.

Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

"Kalau nanti setelah diberikan jalan keluar tidak lebih baik, akan ada sanksi," tambah Dahlan. (eh)

Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024