Gerakan Wajib Bagi Pecinta 'High Heels'

Kaki Jenjang
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Anda pasti sudah tahu efek buruk mengenakan sepatu tumit tinggi (high heels). Mulai dari rasa pegal pada tumit, nyeri pada sendi, hingga risiko terpeleset dan mengalami cedera ringan hingga berat.

Fakta lain, menurut penelitian tim dari Univesitas Iowa State, menggunakan sepatu tumit tinggi dalam waktu lama akan memberi tekanan besar pada bagian lutut. Hal ini akan memicu penyakit degenerasi sendi, seperti rematik. Untuk mengurangi risikonya, termasuk meredakan rasa nyeri karena penggunaan sepatu tumit tinggi lakukan saja gerakan peregangan sederhana.

"Latihan peregangan ini saya rekomendasikan pada siapa saja yang mengenakan sepatu tumit tinggi. Gerakannya disebut peregangan achilles tendon, yang bisa dilakukan tiga kali sehari," kata  Megan Leahy, MD, pediatris dari American Podiatric Medical Association, dikutip dari Health.com.

Peregangan achilles tendon Untuk melakukannya, tempelkan salah satu kaki pada dinding, sementara letakkan satu kaki lain di belakang. Lalu secara perlahan, tarik kaki ke atas dan rasakan hingga bagian betis dan tendon belakang. Tahan selama 90 detik, kemudian ganti kaki.

Doktor Leahy juga merekomendasikan 'alphabet exercise' untuk menguatkan pergelangan dan gerakan kaki. Dengan posisi duduk tegak di kursi, gunakan jempol kaki seperti pensil untuk membentuk huruf A sampai Z. Gerakkan hanya jari dan pergelangan kaki. (eh)

Shin Tae-yong Tak Mau Dibohongi dan Jomplangnya Pemain Korea dengan Indonesia
Umuh Muchtar

Makna Lebaran Bagi Bos Persib Bandung

Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan berkumpul bersama keluarga besarnya di kediamannya, Kiara Condong, Bandung

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024