Kenali Tiga Hal Perusak Enamel Gigi

Gigi sehat
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Bukan hanya kopi atau rokok yang bisa membuat warna gigi Anda terlihat lebih kuning. Ada dua minuman dan satu aktivitas yang juga bisa merusak warna gigi. Hanya mungkin, selama ini Anda tak menyadarinya.

Cynthia Sherwood, juru bicara Academy of General Dentistry, Amerika Serikat, mengungkap tiga hal perusak enamel gigi yang tak diketahui banyak orang. Menurut dia, seperti dilansir dari womansday.com, kerusakan enamel akan membuat gigi lebih mudah menyerap warna dari makanan dan minuman. Jadi lebih mudah menguning atau terlihat kusam.

White Wine

Minuman ini lebih asam dibandingkan red wine. Kadar asamnya yang tinggi bisa merusak enamel gigi. Jadi, jika Anda termasuk penggemar white wine berhati-hatilah. Segera minum air putih dan berkumur untuk mencegah zat asam menempel lama pada gigi.

Jus jeruk

Kadar asam minuman segar ini sangat tinggi. Apalagi, jika Anda juga minum-minuman berwarna gelap seperti soda dan kopi. Meminum jus jeruk setiap hari, akan membuat gigi lebih lebih rentan terhadap noda, karena asam terus memecah enamel gigi dari waktu ke waktu.

Berenang
Jika Anda termasuk orang yang tiap pekan berenang secara teratur, bisa mengalami yang disebut 'swimmer calculus'. Kadar pH pada air kolam renang memicu protein pada gigi mengeras dan menimbulkan bintik-bintik cokelat. Untuk membersihkannya Anda mungkin membutuhkan bantuan dokter gigi.

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23
Lolly, anak pertama Nikita Mirzani

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan

Laura Meizani Nasseru Asry atau yang akrab dengan nama Lolly mencurahkan isi hatinya untuk sang ibunda, Nikita Mirzani.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024