22-11-1963: Pembunuhan Presiden Kennedy

Presiden AS, John F. Kennedy
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Pada 48 tahun yang lalu, Presiden Amerika Serikat (AS), John F.Kennedy, dibunuh dalam suatu kunjungan kerja di Kota Dallas, Texas. Kennedy ambruk ke pangkuan istrinya, Jackie Kennedy, setelah diterjang tiga peluru yang menembus tenggorokan dan kepala.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Menurut laman stasiun televisi BBC, iring-iringan mobil Presiden saat itu sedang melalui kawasan utama bisnis di kota Dallas. Gubernur Texas John Connaly juga mengalami luka serius ketika satu peluru bersarang di punggungnya.

Dia dinyatakan tewas pada pukul 13 waktu setempat. Baru berusia 46 tahun, hingga saat ini Kennedy dikenang sebagai presiden AS termuda yang tewas dibunuh.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Pembunuhan itu, hingga kini, terus menuai kontroversi walau pihak keamanan AS saat itu menangkap seorang tersangka bernama Lee Harvey Oswald.

Dia menyangkal melakukan pembunuhan. Namun, sebelum didakwa ke pengadilan, Oswald justru dibunuh oleh Jack Ruby pada 24 November 1963. Ruby sendiri keburu tewas akibat penyakit kanker sebelum dia diadili.

Pemain Bintang Jakarta Pertamina Enduro Tampil di Laga Persahabatan Lawan Red Sparks

Pengganti Kennedy, Presiden Lyndon Johnson lalu membentuk suatu komisi untuk menyelidiki pembunuhan pendahulunya itu. Kesimpulan tim penyelidik, Kennedy memang dibunuh Oswald.

Namun, hasil kesimpulan itu masih belum diakui banyak pihak di AS, yang menduga pembunuhan Kennedy terkait dengan konspirasi politik.

YouTuber Daud Kim (Jay Kim)

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Daud Kim memposting permintaan maaf di Instagram-nya tetapi langsung menghapusnya dengan cepat, yang mendorongnya untuk mengambil langkah dan mengungkap kejahatannya.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024