AS Gagal Tangani Defisit, Saham Asia Turun

Reaksi seorang pialang melihat indeks harga saham turun.
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Indeks saham di pasar Asia kembali terpuruk pada transaksi hari ini, Selasa 22 November 2011. Kekhawatiran kemampuan para politisi di benua Amerika dan Eropa dalam mengatasi beban utang yang besar, melemahkan kepercayaan investor akan aset berisiko.

Kegagalan "Komite Super" yang terdiri dari 12 anggota parlemen Amerika Serika Senin kemarin dalam mencapai kesepakatan tentang rencana mengatasi defisit anggaran merupakan faktor utama turunnya kepercayaan pasar, yang sudah berminggu-minggu didera ancaman krisis utang negara Eropa.

Saham di pasar AS turun sekitar dua persen pada Senin waktu New York, menyusul penurunan tajam bursa di Eropa, dan harga komoditas yang merosot di tengah kekhawatiran kemungkinan terjadinya resesi global.

"Indeks S&P turun tajam dan terlihat secara teknis sangat mengerikan, meskipun datanya lebih oke. Selain itu, indeks Fed Chicago juga tercatat mengalami penguatan sedikit," kata Kit Juckes, kepala riset valuta asing di Societe General, seperti dilansir laman Reuters.

Dia menuturkan, sentimen tersebut akan direspon berlebihan oleh para investor di pasar Asia Pasifik. "Pasar ekuitas Asia akan bereaksi lebih atas kajatuhan indeks S&P daripada berita Eropa," ujarnya.

Tercatat, bursa Jepang seperti Nikkei 225 dibuka turun hingga satu persen, atau berada di level terendah dalam delapan bulan ini. Sedangkan bursa saham Asia Pasifik di luar Jepang, indeks MSCI turun 0,4 persen.

Sementara itu, mata uang Euro stabil terhadap dolar AS karena berada di kisaran US$1,3495 pada hari ini dan dolar bergerak stagnan setelah terkoreksi pada Senin kemarin.

Misi Pemerintah Lewat Transformasi Digital Capai Target Pertumbuhan Ekonomi 5,2% di 2024
Pembayaran Bukalapak paylater

Berikut Adalah Part Mobil yang Wajib Dicek Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Mudik lebaran menggunakan mobil, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengetahui apa saja yang harus dipersiapkan agar perjalanan tidak ada kendala.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024