FOTO: Kebaya Karya Desainer Malaysia

fashion show kebaya malaysia
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad

VIVAnews - Inovasi kebaya terus dilakukan demi mempertahankan pasar modern. Tanpa berniat merusak pakem kebaya tradisional, sejumlah perancang asyik berkreasi mengawinkannya dengan detail Barat.

Kebaya tak lagi sekadar penutup kemben, seperti pada zaman dulu. Kini dia  menjelma menjadi bagian tren busana. Desainnya pun tak melulu berlengan panjang dengan aksen lipatan di bagian krah, seperti yang dikenakan RA Kartini.

Potongan kebaya modern juga tidak selalu pendek sebatas bokong. Di masa lalu, tidak ada potongan kebaya panjang karena masyarakat tidak ingin menutupi jarik atau kain batik yang dianggap sebagai busana utama. Lewat inovasi di masa kini, kebaya tumbuh menjadi busana utama.

Ada yang bilang sejarah kebaya bermula dari sandang wanita Melayu. Asal katanya dari bahasa Arab 'habaya', yang artinya pakaian dengan belahan di depan. Ada pula yang menyebut kebaya muncul setelah Portugis datang ke Malaka. Tak hanya Melayu, kebaya juga menjadi busana masyarakat China peranakan yang kemudian dikenal sebagai kebaya encim.

Terlepas asal usul kebaya, sejumlah desainer Malaysia menunjukkan ketertarikannya dengan garis rancang kebaya. Mereka memamerkan kreasi bertajuk 'Glory of Kebaya' di Malaysia International Fashion Week, Kuala Lumpur, Senin, 21 November 2011.

Sama seperti Indonesia, kebaya menjadi pakaian wanita tradisional Malaysia yang terdiri dari tunik dan rok panjang. Ingin melihat kreasi kebaya desainer Malaysia? Klik tautan ini.

Kisah Mualaf Jorvan Vieira Pelatih Timnas Irak yang Berhasil Membawa Timnya Menjuarai Piala Asia
Kiper Dallas FC, Maarten Paes

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia

Maarten Paes, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah melakukan pengambilan sumpah di Jakarta, Selasa 30 April 2024. Ini niat mulia kiper FC Dallas tersebut.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024