Di Jatim, Tiap Hari 1.600 Bayi Lahir

Bayi baru lahir.
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengaku prihatin dengan angka kelahiran bayi di Jawa Timur yang tergolong tinggi. Wagub yang akrab disapa Gus Ipul menyebutkan, data yang dimiliki Pemprov Jatim, setiap hari di Jatim ada 1.600 bayi yang lahir. Sementara, untuk seluruh wilayah Indonesia terdapat sekitar 10.000 angka kelahiran bayi.

"Angka kelahiran bayi di Jatim itu tergolong tinggi. Harus segera dilakukan antisipasi penambahan," kata Saifullah Yusuf di sela peringatan penduduk tujuh miliar di Surabaya, Rabu 23 Nopember 2011.

Terkait itu, pihaknya berpesan agar angka kelahiran tersebut bisa ditekan hingga menjadi 1.000 kelahiran per hari. Alasannya, karena bumi tidak bertambah luas tetapi sebaliknya, menyusut seiring terjadinya pemanasan global. "Ini yang harus diwaspadai," katanya.

Menurut Gus Ipul, salah satu faktor penyebab semakin meningkatnya jumlah angka kelahiran adalah pernikahan dini. Karena itu pihaknya berharap ada penanganan atau pendidikan karakter terhadap para remaja untuk tidak tergesa-gesa menikah.

Menteri Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono mengatakan, program nasional KB di Indonesia sudah berjalan bagus. Namun, dia juga mengimbau orang-orang kaya di Indonesia juga ikut menjalankan program KB.

Menteri asal Partai Golkar itu mengungkapkan, pertumbuhan penduduk di Indonesia rata-rata tercatat 1,5 persen dari total sementara penduduk Indonesia yang berkisar 241 juta. Ditambahkan, untuk mensukseskan program KB, pemerintah sudah menyediakan peralatan KB dengan gratis. "Itu khusus untuk masyarakat menengah ke bawah," katanya. (Laporan Tudji Martudji, Surabaya, eh)

Viral Emak-emak di Taput Dituduh Curi Ketang Dihukum Telanjang, Begini Kata Polisi
Ilustrasi simbol bendera PDIP saat Peringatan puncak Bulan Bung Karno 2023 di GBK

PDIP Bisa jadi Oposisi, Bantu Pemerintah Mengkoreksi Bukan Saling Berhadapan

Sikap politik PDIP yang saat ini ditunggu-tunggu, apakah memilih menjadi oposisi dari pemerintahan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, atau ikut masuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024