Nokia Mundur dari Bursa Jerman

nokia e61i
Sumber :
  • thesmartpda.com

VIVAnews - Perusahaan pembuat telepon genggam asal Finlandia, Nokia Corporation, memutuskan untuk mundur dari bursa saham Frankfurt, Jerman seiring volume perdagangan saham yang terus mengalami penurunan.

Seperti dikutip dari rilis Nokia yang dikutip Reuters.com, manajemen Nokia telah mengajukan surat aplikasi penghapusan pencatatan (delisting) yang nantinya diserahkan kepada otoritas Frankfurt Stock Exchange (FSE).

Nokia menargetkan perdagangan saham Nokia di bursa Frankfurt akan berjalan maksimal hingga semester pertama 2012.

Volume perdagangan saham Nokia diketahui terus mengalami penurunan selama beberapa tahun terakhir. Terakhir, perdagangan saham Nokia di FSE termasuk yang paling kecil di antara saham Nokia di bursa efek lain di dunia.

Sebelumnya, Nokia juga pernah mengajukan delisting dari tiga bursa efek utama dunia. Pada 2003, Nokia keluar dari bursa saham London, Inggris. Setahun kemudian Nokia juga delisting dari bursa saham Paris dan terakhir 2007 keluar dari bursa Stockholm.

Kendati keluar dari bursa Frankfurt, perdagangan saham Nokia akan tetap dilakukan di kawasan Eropa dengan mempertahankan keanggotaan di Nasdaq OMX Helsinki Stock Exchange. Sementara itu, di kawasan Amerika, Nokia menjual saham dalam bentuk American Depository Shares di bursa saham New York.

Dikutip dari laman mashable.com, Nokia kini tengah dililit sejumlah masalah untuk mempertahankan kinerja perusahaan di tengah persaingan yang makin ketat. Nokia diketahui telah melakukan program pemotongan anggaran, memberhentikan sejumlah pegawai, menutup pabrik, dan mengoperasikan pekerja outsourcing.

Saat ini, Nokia masih tercatat sebagai perusahaan pembuat telepon genggam terbesar di dunia. Namun, kekayaan perusahaan telah berkurang selama 10 tahun terakhir seiring kepemimpinannya di pasar telepon genggam yang makin menurun.

Nokia kini menghadapi persaingan terutama untuk pasar telepon genggam pintar (smartphone) berbasis Android seperti Samsung, HTC, LG, dan produk lain. Pesaing lain dari Nokia adalah Apple. (art)

Sebenarnya Shin Tae-yong Ingin Timnas Indonesia U-23 Lawan Jepang, Bukan Korea Selatan
Parto Patrio

Dilarikan ke Rumah Sakit, Parto Patrio Jalani Operasi

Ternyata setelah dibawa ke rumah sakit, Parto Patrio pada hari ini, Rabu 24 April 2024, menjalani operasi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024