Aturan Larangan Ekspor Rotan Segera Keluar

Bahan baku rotan di sebuah gudang penyimpanan
Sumber :
  • VIVAnews/Iwan Kurniawan

VIVAnews - Kebijakan penghentian ekspor rotan diharapkan keluar sebelum 30 November. Saat ini pemerintah masih terus membahas rencana kebijakan ini. "Pembahasannya tinggal satu kali, mudah-mudahan cepat disahkan," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan, Deddy Saleh, di Jakarta, Jumat 25 November 2011.

Deddy mengatakan, paket kebijakan itu nantinya keluar dalam tiga bentuk, yaitu Peraturan Menteri Perdagangan, Peraturan Menteri Perindustrian, dan Peraturan Menteri Kehutanan.  Peraturan Menteri Perdagangan akan mengatur perdagangan antarpulau dan sistem resi gudang. "Kami akan verifikasi dari pelabuhan awal rotan dikirim sampai pelabuhan akhir. Verifikasinya harus semua jenis." kata Deddy.

Lalu yang Peraturan Menteri Perindustrian, Deddy mengatakan, akan mengatur tentang pengembangan industri barang jadi rotan. "Dia sudah punya roadmap untuk 2014," kata Deddy.

Sedangkan Peraturan Menteri Kehutanan akan mengatur batas ambang lestari rotan. Ini dengan mengatur berapa rotan yang boleh diambil dari hutan. Sebab, bukan tidak mungkin, ekplorasi besar-besaran akan memusnahkan rotan itu sendiri. "Itu yang nanti akan dijelaskan kenapa kami perlu menetapkan ambang batas," kata Deddy.

"Kita perlu menjaga kelestarian bahan baku rotan agar tidak bisa dieksploitasi baik untuk kebutuhan dalam negeri maupun ekspor tanpa batas." (ren)

Pengendara yang Siksa Pemotor dengan Geberan Knalpot Yamaha RX-King, Akhirnya Begini
Ilustrasi bunuh diri.

Sebelum Bunuh Diri Live Instagram, Meli Joker Berantem dengan Pacarnya Hingga Benturin Kepala

Selebgram Meli Joker atau yang memiliki nama asli Fitri Meliana sempat bertengkar dengan kekasihnya sebelum tewas bunuh diri dan disiarkan secara live Instagram. Dia itu

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024